Apa itu VAR dalam Sepak Bola?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 11:04 WIB
Video Assistant Referee (VAR). (Foto/inside FIFA).
Video Assistant Referee (VAR). (Foto/inside FIFA).

BeritaNasional.com - Video Assistant Referee (VAR) bisa dibilang menjadi salah satu teknologi yang membantu wasit dalam memimpin pertandingan sepak bola saat ini. Hampir di semua negara sudah menggunakan VAR dalam pertandingan di Liga maupun Tim Nasional.

Ya, berkat VAR pengadilan pertandingan menjadi terbantu untuk mengeluarkan keputusan ataupun mengoreksi keputusan. Selain dibantu oleh asisten wasit yang ada di pinggir lapangan, kini wasit utama bisa dibantu oleh wasit VAR yang berada di ruangan tersendiri.

Jadi apa itu VAR?

Video assistant wasit video (VAR) merupakan alat bantu bagi wasit. Penggunaan asisten wasit video (VMO) dalam sepak bola dimasukkan dalam edisi 2018/2019 dari Laws of the Game dan berhasil digunakan di Piala Dunia FIFA™ 2018. Sejak saat itu, sistem ini telah diterapkan di lebih dari 100 kompetisi di seluruh dunia.

Bagaimana cara kerjanya?

Tim VAR mendukung proses pengambilan keputusan wasit dalam empat situasi yang mengubah pertandingan:

Gol dan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya gol

Keputusan penalti dan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya penalti. Hanya insiden kartu merah langsung (bukan kartu kuning kedua/peringatan) kesalahan identitas 

Sepanjang pertandingan, tim asisten wasit video terus-menerus memeriksa kesalahan yang jelas dan nyata terkait dengan keempat situasi yang mengubah pertandingan ini. Tim VAR berkomunikasi dengan wasit hanya untuk kesalahan yang jelas dan nyata atau insiden serius yang terlewatkan.

Wasit di lapangan di setiap stadion berbicara dengan tim VAR melalui sistem radio canggih yang terhubung dengan serat optik.

Pengaturan kamera VAR:

Tim asisten wasit video memiliki akses ke 42 kamera siaran, delapan di antaranya adalah gerakan super lambat dan empat di antaranya adalah gerakan sangat lambat. Tayangan ulang gerakan lambat terutama digunakan untuk situasi faktual, misalnya, untuk mengidentifikasi titik kontak pelanggaran fisik atau posisi pelanggaran. 

Tayangan ulang kecepatan normal digunakan untuk penilaian subjektif, misalnya, untuk menentukan intensitas pelanggaran atau apakah handball dapat dihukum atau tidak. Selain kamera siaran, tim VAR memiliki akses ke umpan kamera yang digunakan oleh teknologi offside semi-otomatis.

Tim VAR memiliki akses ke semua umpan kamera penyiar tuan rumah FIFA. Seperti di masa lalu, umpan (umpan kamera unilateral) dari kamera yang dipasang oleh Pemegang Lisensi Hak Media (MRL) tidak tersedia untuk tim VAR. Kamera tersebut umumnya berfokus pada tim yang diwakili oleh MRL dan bukan bagian dari rencana kamera penyiar tuan rumah resmi.

Tim VAR

Tim ini terdiri dari asisten wasit video (VAR) dan tiga asisten asisten wasit video (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Semua anggota tim asisten wasit video adalah ofisial pertandingan video FIFA teratas.

Tiga operator tayangan ulang memilih dan menyediakan sudut kamera terbaik.

VAR:

VAR mengawasi kamera utama di monitor atas dan memeriksa atau meninjau insiden di monitor yang terbagi empat. Selain itu, VAR bertanggung jawab untuk memimpin tim VAR dan berkomunikasi dengan wasit di lapangan.

AVAR1:

AVAR1 berkonsentrasi pada kamera utama dan terus memberi tahu VAR tentang permainan langsung jika suatu insiden sedang diperiksa atau ditinjau.

AVAR2:

AVAR2 adalah perangkat video pertandingan dengan latar belakang asisten wasit dan ditempatkan di stasiun offside serta memeriksa setiap situasi offside yang potensial, dengan bantuan teknologi offside semi-otomatis, untuk mempercepat proses pemeriksaan dan peninjauan VAR.

AVAR3:

AVAR3 berfokus pada umpan program TV, membantu VAR dalam mengevaluasi insiden, dan memastikan komunikasi yang baik antara VAR dan AVAR2 yang terletak di stasiun offside.

Area peninjauan wasit:

Area peninjauan wasit (RRA) adalah area yang ditandai dengan jelas yang berisi layar yang memungkinkan wasit meninjau insiden. Area ini terletak di sisi lapangan, dekat dengan area teknis.

Untuk memastikan bahwa semua penggemar di stadion dan yang menonton di TV atau perangkat seluler mendapat informasi yang baik selama proses peninjauan, FIFA telah mengembangkan sistem informasi VAR untuk penyiar, komentator, dan infotainment. 

Untuk setiap pertandingan, seorang anggota staf FIFA memberi tahu penyiar, komentator, dan infotainment tentang berbagai langkah proses peninjauan, termasuk alasan dan hasil peninjauan, melalui tablet sentuh yang terhubung jaringan.

Orang yang mengoperasikan tablet berada di ruang operasi video dan memiliki akses ke sudut kamera yang dilihat VAR. Sistem informasi VAR juga akan digunakan untuk secara otomatis membuat templat grafis khusus VAR untuk TV dan layar raksasa di stadion.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: