Prosesi Kirab Usai, Bendera Merah Putih & Naskah Proklamasi Kembali Disimpan di Monas

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 17:45 WIB
Prosesi kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi di Monas. (Foto/Tangkapan Layar)
Prosesi kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi di Monas. (Foto/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com - Prosesi kirab duplikat bendera pusaka merah putih dan naskah teks Proklamasi telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (31/8/2024).

Dua benda pusaka tersebut kini sudah berada di ruang penyimpanan di cawan Monumen Nasional (Monas) setelah dibawa dari Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk upacara HUT Kemerdekaan Indonesia.

Diketahui, kirab bendera tersebut tiba di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu, sekitar pukul 16.15 dengan iring-iringan drumband TNI-Polri dan pasukan berkuda.

Keduanya dibawa dengan menggunakan mobil taktis Maung, kendaraan yang sama saat kedua benda pusaka itu dikirab dari Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian dibawa ke IKN pada 10 Agustus lalu.

Berdasarkan pantauan di Monumen Nasional, sejumlah anggota Paskibra telah berdiri di sepanjang jalan masuk kirab, yakni melalui Pintu Gambir Monas menuju cawan Monas. 

Kemudian, belasan pasang abang none Jakarta juga telah menanti di pintu masuk menuju area cawan Monas. Iring-iringan kirab dimeriahkan pula dengan atraksi dan penampilan drumband tiga matra TNI.

Warga Jakarta juga ikut menantikan ketibaan kirab bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Bandara Halim Perdanakusuma sejak pukul 15.00 WIB.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: