Hadirkan Pembangunan Merata di Jakarta, Ridwan Kamil: di Level RW Akan Diberi Anggaran

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 01 September 2024 | 14:31 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), berjanji akan memastikan kesejahteraan dan pembangunan di Jakarta merata.

RK mengatakan, dia tidak ingin Jakarta hanya terfokus di sekitar Jakarta Pusat, seperti kawasan Sudirman dan Thamrin.

"Kami ingin Jakarta tidak hanya terpusat di Sudirman-Thamrin saja. Kita ingin membawa pemerataan," kata RK dalam acara Deklarasi Relawan Berkah di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

RK mengungkapkan bahwa salah satu program pemerataan itu adalah dengan memberdayakan RT/RW. Maksudnya, pemerintah daerah akan memberikan anggaran ke RW untuk membangun daerahnya sendiri.

"Pembangunan c sehingga Pak RW bisa melakukan inisiatif-inisiatif kepemimpinan untuk membereskan Jakarta di hampir 3.000 RW yang bergerak bersama," ujar RK.

Selain permasalahan pemerataan, RK juga menyinggung soal permasalahan banjir rob di utara Jakarta.

RK mengatakan bahwa Presiden Terpilih Prabowo Subianto memintanya untuk membangun suatu kawasan di utara Jakarta yang dapat mengendalikan banjir.

"Pak Prabowo sudah menugaskan kami untuk menyiapkan kawasan baru guna mengendalikan banjir di utara. Ini bukan bendungan, tetapi bentuknya adalah kawasan yang sudah ada rumah, perumahan, pasar, dan lain sebagainya," kata RK.

RK menjelaskan bahwa kawasan itu belum ada saat ini dan baru akan dibangun di masa kepemimpinannya kelak jika terpilih. Oleh karena itu, ini adalah salah satu contoh konkret dari slogan 'Jakarta Baru' miliknya.

"Jadi, ruang hidup baru itulah yang disebut Jakarta Baru, menghadirkan hal-hal yang dulu tidak ada menjadi ada," ujar RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: