Ridwan Kamil Jelaskan Program Bekerja dan Tinggal di Kawasan yang Sama dan Mobil Curhat

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 01 September 2024 | 16:34 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Elvis)
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, memberikan penjelasan terkait program bekerja dan tinggal di kawasan yang sama.

RK begitu dirinya akrab disapa, menjelaskan bahwa program tersebut bukanlah upaya untuk melarang warga dari wilayah lain bekerja di daerah tertentu. Sebaliknya, ia ingin memeratakan pusat bisnis di berbagai wilayah di Jakarta.

"Itu teorinya sederhana. Sekarang begini, di TB Simatupang ada perkantoran? Nah, itu sudah benar. Jadi, orang yang tinggal di TB Simatupang kalau bisa bekerja di Jakarta Selatan," kata RK kepada wartawan di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

RK menegaskan bahwa ia ingin pusat bisnis di Jakarta tersebar secara merata. Selain dapat mengefisiensikan waktu bagi para pekerja, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kebahagiaan masyarakat.

"Artinya, di barat, timur, utara, harus ada pusat bisnis baru. Semua jangan terpusat di tengah kota seperti di Sudirman atau Thamrin," ujar RK.

"Misalnya, teman saya tinggal di Kelapa Gading, bekerja di sana, berbelanja di mal di sana juga, sehingga hidupnya lebih sehat, bahagia, dan sejahtera. Jadi, perlu diperbanyak pusat-pusat kerja yang merata di seluruh wilayah Jakarta," tambah RK.

Untuk diketahui, RK juga menyiapkan program "Mobil Curhat" yang bertujuan untuk membuat warga Jakarta lebih bahagia. Mobil ini akan diisi oleh konselor dan psikiater yang siap mendengarkan keluh kesah warga Jakarta.

"Kami sedang mempersiapkan yang namanya Mobil Curhat, sebuah kendaraan yang diisi oleh konselor dan psikiater. Mobil ini akan disebar di berbagai tempat sehingga warga yang mengalami stres bisa curhat. Selama ini, mungkin mereka curhat melalui HP atau IG Story," ucap RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: