RK dan Suswono Sebut Tidak Berambisi dalam Pilkada Jakarta 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 01 September 2024 | 19:49 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), menyatakan bahwa dirinya tidak ngotot dalam bertarung di Pilgub 2024. Dia mengatakan, hanya menjalankan tugas partai sebagai bentuk ibadah.

"Kami meniatkan takdir ini sebagai ibadah. Kami tidak bermotivasi untuk hal lainnya. Namun, untuk menjadi pemimpin harus melalui proses demokrasi," kata RK dalam acara peluncuran Pasukan Jalak di Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024).

Meski demikian, RK memastikan bahwa dia akan berjuang untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berdua hanya anak bangsa yang mencintai negeri ini. Kami akan memberikan kontribusi penuh, dengan segenap pikiran dan energi, untuk kemajuan masyarakat. Tidak lebih, tidak kurang," ujar RK.

Di kesempatan yang sama, bakal calon wakil gubernur, Suswono, juga menekankan hal yang sama. Suswono mengatakan bahwa mereka tidak memiliki ambisi untuk berkuasa dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Kita berdua tidak memiliki ambisi sama sekali untuk berkuasa. Ini semata-mata karena penugasan untuk berkontribusi dalam memberikan pelayanan, pemberdayaan, dan membela kepentingan rakyat Jakarta," kata Suswono.

Diberitakan sebelumnya, RK-Suswono berjanji akan meratakan kesejahteraan dan pembangunan di Jakarta.

RK mengatakan, dia tidak ingin Jakarta hanya terfokus di kawasan Jakarta Pusat seperti Sudirman dan Thamrin.

"Kami ingin Jakarta tidak hanya terpusat di Sudirman-Thamrin saja. Kami ingin membawa pemerataan di seluruh wilayah Jakarta," kata RK dalam acara Deklarasi Relawan Berkah di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

RK mengungkapkan bahwa salah satu program pemerataan adalah dengan memberdayakan RT-RW. Maksudnya, pemerintah daerah akan memberikan anggaran kepada RW untuk membangun daerahnya sendiri.

"Pembangunan di level RW akan diberi anggaran dari pemerintah sehingga Pak RW bisa melakukan inisiatif-inisiatif kepemimpinan untuk membereskan Jakarta, di hampir 3.000 RW yang bergerak bersama," ujar RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: