Paus Fransiskus Ajarkan Kesederhanaan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 04 September 2024 | 05:30 WIB
Paus Fransiskus ajarkan kesederhanaan (Foto/Vatican News)
Paus Fransiskus ajarkan kesederhanaan (Foto/Vatican News)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, kesederhanaan yang ditunjukkan Pimpinan Gereja Katolik Paus Fransiskus saat ke Indonesia dengan naik pesawat komersial dan memilih tidak menginap di hotel berbintang mengajarkan kesederhanaan yang patut dicontoh.

"Paus menunjukkan keteladanan yang dapat menjadi inspirasi penting bagi para pemimpin bangsa di tingkat nasional dan ranah global," ujar Haedar.

Ia mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia. Apalagi Paus punya jadwal yang sangat padat. Namun ia rela mendatangi Indonesia

Dalam konteks hubungan antarumat beragama, khususnya hubungan Islam dan Katolik, kata Haedar, kunjungan Paus Fransiskus menunjukkan arti penting Indonesia dan komitmen Paus Fransiskus membangun dan memperkuat hubungan antara Katolik dan dunia Islam.

"Rencana pertemuan Paus Fransiskus dengan kelompok-kelompok agama menunjukkan keterbukaan dalam dialog dan kerja sama antar-iman serta memperkenalkan Indonesia kepada dunia sebagai negara yang memiliki kemajemukan serta kerukunan agama dan budaya," kata dia.

Bangsa Indonesia, lanjutnya, sebagai tuan rumah, sudah seharusnya menyambut dan menghormati kunjungan Paus Fransiskus dengan penuh keramahan dan kesantunan. Mencerminkan budaya dan peradaban Indonesia yang luhur.

Dikutip dari Antara, Pemerintah Indonesia bisa menjadikan pertemuan dengan Paus Fransiskus untuk menyampaikan dan mendialogkan masalah-masalah perdamaian dan posisi Indonesia dalam perdamaian dunia, khususnya masalah Palestina.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: