Paus Fransiskus Sebut Pentingnya Tanamkan Prinsip Opus Justitiae Pax

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 04 September 2024 | 13:15 WIB
Paus Fransiskus (pakaian putih) bersama Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta. (Foto/Indonesia Papal Visit Committee)
Paus Fransiskus (pakaian putih) bersama Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta. (Foto/Indonesia Papal Visit Committee)

BeritaNasional.com - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus menyatakan harapannya kepada warga dunia, khususnya Indonesia, agar menanamkan prinsip-prinsip perdamaian yang disebut sebagai opus justitiae pax. Yakni, perdamaian adalah karya dari keadilan.

Hal tersebut diungkapkan Paus Fransiskus saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta para menteri di Istana Negara dalam lawatannya ke Indonesia pada Rabu (4/9/2024).

‘’Saya berharap setiap orang dalam kehidupan mereka sehari-hari mampu menimba inspirasi dari prinsip-prinsip ini (opus justitiae pax) dan menerapkannya ketika melaksanakan kewajiban mereka masing-masing. Karena opus justitiae pax, perdamaian adalah karya dari keadilan,’’ ungkapnya.

Menurut Paus, kerukunan dicapai di saat semuanya memiliki komitmen dan kesepakatan untuk memberantas penderitaan moral, ekonomi, serta sosial. Dengan begitu, lanjut Paus, perdamaian dunia bisa terwujud.

‘’Tidak hanya demi kepentingan-kepentingan dan visi kita sendiri, tapi demi kebaikan bersama dengan membangun jembatan, memperkokoh kesepakatan dan sinergi, menyatukan kekuatan untuk mengalahkan segala bentuk penderitaan moral, ekonomi, dan sosial, dan untuk memajukan perdamaian dan kerukunan,’’ ucapnya.

Paus juga mendoakan Indonesia agar selalu diberkati dengan perdamaian dan terwujudnya harapan di masa depan.

‘’Semoga Allah memberkati Indonesia dengan perdamaian, demi masa depan penuh harapan. Allah memberkati Anda sekalian!’’ ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: