Indonesia-Australia Bisa Sinergikan Visi Indonesia Emas dengan Visi The Future Made in Australia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 08 September 2024 | 10:05 WIB
Wamenlu RI Pahala Mansury memuji peran Australia (Foto/Kemenlu)
Wamenlu RI Pahala Mansury memuji peran Australia (Foto/Kemenlu)

BeritaNasional.com - Indonesia dan Australia bisa mensinergikan Visi Indonesia Emas dengan Visi The Future Made in Australia dan dapat terus berperan dalam mendorong karja sama konkrit untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan. 

Wamenlu RI Pahala Mansury memuji peran Australia dalam kemerdekaan Indonesia, khususnya terkait pengakuan kemerdekaan dan dalam Komite Jasa Baik PBB. Hubungan baik kedua negara tercermin hingga kini dari kemitraan strategis komprehensif dan perjanjian ekonomi (IA CEPA) antara kedua negara. 

Pahala mengatakan, Indonesia dan Australia merupakan mitra strategis komprehensif dan kemitraan ini diharapkan dapat tercermin dalam kerja sama ekonomi kedua negara. Mengingat berbagai potensi yang dimiliki Indonesia, beberapa kerja sama yang dapat didorong antara kedua negara termasuk transisi energi dan mineral kritis, ketahanan pangan, pertukaran tenaga terampil dan profesional, serta sektor jasa, termasuk kontraktor pertambangan dan keuangan.

Dalam kesempatan lain, Pahala juga bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan Australia Tim Ayres. Dalam pertemuan itu, Pahala mendorong kerja sama kedua negara di bidang rantai pasok mineral kritis dalam 5 hal yaitu dialog antar negara produsen mineral kritis untuk tingkatkan kolaborasi, cross investment dalam pertambangan dan pengolahan mineral kritis, pertukaran teknologi dan pengembangan SDM termasuk pendidikan vokasi, pemenuhan standar ESG yg ditetapkan bersama, serta kerja sama dual track yg melibatkan kalangan pemerintah dan swasta. 

Selain itu, kedua wakil Menteri membahas kerja sama di bidang pangan, pertanian, pupuk, kelautan dan jasa.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: