PLN Jakarta Tanam 1.000 Tiang Tambahan untuk Isi Daya Kendaraan Listrik

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 09 September 2024 | 21:00 WIB
Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN. (Foto/PLN)
Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN. (Foto/PLN)

BeritaNasional.com - PLN Jakarta bakal menambah 1.000 tiang listrik untuk menjadi pengisi daya (charger) kendaraan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Lasiran mengatakan penambahan tiang listrik tersebut dilakukan untuk pemerataan kebutuhan energi terbarukan pada 2024.

"Kami berencana menambahkan seribu titik tiang listrik dengan charger di Jakarta," katanya di Kampus Institut Teknologi PLN Jakarta Barat yang dikutip dari Antara pada Senin (9/9/2024).

Lasiran menjelaskan setiap tiang listrik ini terpasang charger untuk mengisi daya kendaraan listrik.

Menurut dia, tiang listrik itu akan ditambahkan fitur untuk menjadi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

"Namun ini masih dilakukan pengkajian dan perencanaan," katanya.

Lasiran menjelaskan tiang listrik ini bakal dipasang di halaman parkir, pusat perbelanjaan yang punya halaman dan tempat-tempat yang memiliki banyak parkir mobil.

Rektor Kampus IT PLN Iwa Garniwa M. terus mendukung setiap terobosan yang dilakukan oleh PLN UID Jakarta Raya, termasuk mengadakan SPKLU di lingkungannya.

Iwa menyambut baik jika ada SPKLU yang terpasang di Kampus IT PLN.

"Kami mempunyai visi di bidang energi dan penerapan teknologi berwawasan lingkungan, maka kami ingin juga berkontribusi," tuturnya.

Kampus IT PLN berkomitmen terhadap pengembangan elektrik yang salah satunya diwujudkan dengan memiliki laboratorium konversi dari BBM ke listrik untuk motor.

"Baru motor, tapi InsyaAllah kami kembangkan juga untuk kendaraan mobil," ujarnya.

Sebelumnya, PLN berencana mengubah 2.000 tiang listrik PLN pada 2024, baik yang berbasis baja maupun beton untuk menjadi SPKLU atau charger kendaraan listrik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: