Strategi Ridwan Kamil-Suswono Atasi Permasalahan Banjir di Jakarta

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 10 September 2024 | 12:41 WIB
Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Suswono. (BeritaNasional/Ahda).
Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Suswono. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Suswono mengungkapkan gagasannya dalam menangani banjir di Jakarta.Suswono mengatakan, mengatasi persoalan banjir perlu dilakukan secara menyeluruh, mulai dari hulu hingga hilir.

“Kami akan berkoordinasi dengan daerah aglomerasi untuk mengatasi sumber-sumber banjir, termasuk membeli lahan untuk dijadikan waduk di wilayah selatan agar gelontoran air yang biasanya langsung ke Jakarta bisa tertahan terlebih dahulu," kata Suswono kepada wartawan, Selasa (10/9/2024).

Suswono mengungkapkan, waduk yang dibangun oleh Ridwan Kamil di Jawa Barat telah mampu menahan sekitar 30 persen aliran air yang sebelumnya langsung ke Jakarta. Oleh karena itu, dia bakal berkoordinasi dengan daerah penyangga untuk melakukan hal yang serupa.

Tidak hanya itu, diperlukan juga untuk memperbanyak biopori dan sumur resapan di tengah Jakarta guna menahan aliran air sebelum mencapai wilayah utara.

"Setiap upaya penanganan harus mencakup langkah dari hulu, tengah, hingga hilir, dan di Jakarta kita perlu meningkatkan infrastruktur resapan agar air tidak mengalir langsung ke utara,” ujar Suswono.

Lebih lanjut, Suswono juga bakal mendukung pembangunan Giant Sea Wall di pesisir utara Jakarta untuk mengatasi naiknya permukaan air laut.

Selain itu, penanganan terhadap permukiman kumuh di daerah bantaran sungai menjadi salah satu prioritas. Dia pun menekankan bahwa pembangunan hunian vertikal di kawasan padat penduduk seperti Kampung Melayu menjadi solusi.

“Dengan membangun rumah ke atas, kita bisa meminimalisir dampak banjir bagi warga yang tinggal di daerah rawan,” tandasnya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: