Baru Diresmikan Jokowi, Segini Anggaran Tol Binjai-Langsa dan Kuala Tanjung-Parapat

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 10 September 2024 | 21:00 WIB
Momen Presiden Jokowi resmikan 2 segmen baru jalan Tol Trans Sumatra di Sumatra Utara. (BeritaNasional/Tangkapan layar YouTube BPMI Setpres)
Momen Presiden Jokowi resmikan 2 segmen baru jalan Tol Trans Sumatra di Sumatra Utara. (BeritaNasional/Tangkapan layar YouTube BPMI Setpres)

BeritaNasional.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua segmen baru dari Jalan Tol Trans Sumatra pada Selasa, 10 September 2024.

Acara peresmian berlangsung di Gerbang Jalan Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Segmen yang diresmikan meliputi Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi II (Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,2 kilometer yang dibangun sejak 2020 dengan biaya Rp 11,6 triliun, serta Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi III dan IV (Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak) sepanjang 45,6 kilometer yang telah dibangun sejak 2018 dengan anggaran Rp 6 triliun.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jalan tol ini merupakan bagian dari keseluruhan Jalan Tol Trans Sumatra yang memiliki panjang 2.994 kilometer. Ia menargetkan agar sepanjang 1.100 kilometer dari Jalan Tol Trans Sumatra dapat dioperasikan pada akhir tahun ini, yang diharapkan dapat memperpendek waktu perjalanan antarwilayah di Sumatra Utara.

“Dulu perjalanan dari Medan ke sini memakan waktu sekitar 3,5 hingga 4 jam, sekarang hanya memerlukan sekitar satu setengah jam,” kata Presiden.

Presiden juga menekankan bahwa pembangunan jalan tol ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di koridor Binjai-Langsa dan Tebing Tinggi-Parapat serta meningkatkan daya saing dan sistem logistik.

“Mobilitas orang dan barang akan menjadi lebih cepat, yang memungkinkan kita bersaing lebih baik dengan negara lain,” tambahnya.

Dalam peresmian tersebut, hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, dan Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: