Pimpinan KPK Sebut Pejabat Tidak Takut Korupsi karena Risikonya Rendah

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 13 September 2024 | 16:30 WIB
KPK nilai pejabat tak takut korupsi (Beritanasional/Panji)
KPK nilai pejabat tak takut korupsi (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai pejabat di Indonesia tidak takut lagi untuk melakukan tindak pidana korupsi.

Menurut Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, hal tersebut menjadi akar permasalahan yang membuat indeks persepsi korupsi di Indonesia menurun.

Alex mengaku mendapatkan infotmasi tersebut dari pada penyelenggara negara dan pejabat-pejabat di pemerintahan.

“Sekarang orang enggak takut lagi Pak untuk korupsi," ujar Alex dikutim Jumat, (13/9/2024).

Berdasarkan informasi yang dia himpun, risiko melakukan korupsi di Indonesia cukup rendah dan bisa menghasilkan keuntungan tinggi.

"Korupsi itu di Indonesia itu risikonya rendah. Berbeda dengan investasi yang high risk, korupsi itu risiko rendah, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang besar tinggi," tuturnya.

Ia menilai membuat risiko korupsi menjadi tinggi bukan hal yang mudah. Padahal, hal tersebut sudah diterapkan di beberapa negara seperti Singapura atau Hong Kong.

"Di Indonesia kita belum mendapatkan momentum seperti itu. Belum ada pimpinan negara yang berani men-declare zero tolerance terhadap korupsi,” kata dia.

“Dengan kekuasaan memerintahkan seluruh aparat untuk memerangi korupsi, kita belum pernah punya pimpinan seperti itu," imbuhnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: