Ridwan Kamil Tinjau Transportasi Umum Bersama Teman Disabilitas: Temukan Beberapa Kendala

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 13 September 2024 | 19:08 WIB
Momen Ridwan Kamil bersama Angkie Yudistia saat sedang menjajal transportasi umum bersama teman disabilitas. (BeritaNasional/Lydia)
Momen Ridwan Kamil bersama Angkie Yudistia saat sedang menjajal transportasi umum bersama teman disabilitas. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil, menjajal transportasi umum Transjakarta bersama teman-teman disabilitas. Turut mendampingi stafsus milenial Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.

"Hari ini saya sedang menampung aspirasi dari golongan disabilitas. Tadi kita tes bersama-sama menggunakan Transjakarta, bagaimana mereka sebagai warga tentu punya hak untuk nyaman melakukan mobilitas," kata RK kepada wartawan di Halte Tosari, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

Dalam perjalanannya mencoba Transjakarta, RK mengaku mendapatkan keluhan bahwa teman-teman disabilitas belum mendapatkan TJ Card alias Kartu Layanan Gratis Transjakarta.

"Sekilas tadi sambil jalan, salah satu aspirasinya adalah banyak dari mereka yang belum mendapatkan kartu subsidi. Jadi mungkin masalah birokrasi saja," ujar RK.

Selain tidak mendapatkan kartu gratis, RK juga menerima aspirasi untuk memperluas tarif gratis ke transportasi umum lainnya.

"Jadi keberpihakannya ada, tapi belum didapatkan. Mereka juga ingin memperluas kalau bisa subsidinya juga sampai ke MRT atau fasilitas kendaraan umum lainnya," ucap RK.

Oleh karena itu, RK berjanji akan membuat transportasi umum aman bagi seluruh masyarakat, khususnya teman-teman disabilitas.

"Ciri kota yang baik adalah kota yang adil buat semua, buat lansia, buat anak kecil, buat kaum disabilitas juga," tandas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: