Penumpang KAI Melonjak hingga 128 Persen pada Libur Panjang Maulid Nabi

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 15 September 2024 | 20:30 WIB
Depo lokomotif KAI di Cipinang, Jaktim. Penumpang kereta KAI melonjak pada libur panjang maulid nabi. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Depo lokomotif KAI di Cipinang, Jaktim. Penumpang kereta KAI melonjak pada libur panjang maulid nabi. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - KAI melaporkan lonjakan penumpang KA selama libur panjang Maulid Nabi 2024 terjadi sejak Jumat (13/9/2024). 

Puncak arus keberangkatan terjadi pada Sabtu (14/9/2024) yang penjualan tiketnya mencapai 189.737 tiket dengan okupansi 128 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia, yaitu 148.227. 

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi tanggal 16 September 2024 dengan penjualan tiket yang sudah mencapai 152.365 tiket atau 101,66 persen dari 149.880 tempat duduk yang tersedia.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan okupansi penumpang kereta api yang melebihi angka 100 persen disebabkan oleh adanya penumpang dinamis, yaitu penumpang yang turun-naik di antara stasiun awal dan stasiun tujuan akhir.

“Minat masyarakat menggunakan kereta api selama libur Maulid Nabi sangat tinggi, terlihat dengan rata-rata okupansi harian mencapai 112,37 persen,” ucap Anne.

 Berikut adalah update penjualan tiket pada periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW (berdasarkan pantauan Minggu, 15 September 2024 pagi):

- Jumat, 13 September: 182.020 tiket (closed)

- Sabtu, 14 September: 189.737 tiket (closed)

- Minggu, 15 September: 143.883 tiket (data dinamis)

- Senin, 16 September: 152.365 tiket (data dinamis)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan 113 kereta api (KA) berbagai kelas dengan tujuan ke arah Jakarta, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Tegal, dan kota-kota lainnya selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad.  

“Relasi perjalanan favorit masyarakat selama libur panjang ini di antaranya Jakarta-Surabaya PP, Jakarta-Semarang PP, Ketapang-Lempuyangan PP, Blitar-Kiaracondong PP, Purwosari-Pasar Senen PP, dan Malang-Pasar Senen PP, ” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.

Berikut daftar KA dengan penjualan tempat duduk tertinggi:

1. KA Airlangga relasi Pasar Senen - Pasar Turi /PP.

2. KA Joglosemarkerto relasi Jogya - Purwokerto - Semarang - Solo / PP.

3. KA Sri Tanjung relasi Lempuyang - Ketapangan /PP.

4. KA Kertajaya relasi Pasar Senen - Pasar Turi /PP.

5. KA Jayakarta Pasar Senen - Surabaya Gubeng / PP.

6. KA Matarmaja relasi Pasar Senen - Malang / PP.

7. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Kediri /PP 

8. KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol - Pasar Turi /PP.

9. KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng /PP. 

10. KA Argo Cheribon relasi Gambir - Cirebon /PP.

 Anne Purba menjelaskan bahwa minat masyarakat untuk menggunakan kereta api selama long weekend untuk berwisata selaras dengan peningkatan kunjungan wisatawan ke beberapa kota di Pulau Jawa. Misalnya, DI Yogyakarta mengalami kenaikan dalam jumlah wisatawan.

“Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perjalanan wisatawan nusantara ke DI Yogyakarta pada tahun 2024 hingga bulan Juli mencapai 22.588.531 orang, meningkat 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023, yaitu 18.981.643 orang. Kunjungan ke provinsi lainnya seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta juga menunjukkan tren yang serupa,” jelas Anne.

Anne menambahkan bahwa kereta api memainkan peran penting dalam mendukung konektivitas masyarakat untuk berwisata ke berbagai daerah karena efisiensinya, bebas dari kemacetan, serta menawarkan perjalanan yang aman dan nyaman.

“Alasan masyarakat memilih kereta api untuk liburan panjang ini adalah karena banyak tempat wisata di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Contohnya, Yogyakarta yang terkenal dengan wisata budaya dan candi-candi bersejarahnya, serta Banyuwangi yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah,” tambah Anne.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: