Aktivis Aysenur Tewas Ditembak Tentara Israel, Presiden Palestina Tak Tinggal Diam

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 15 September 2024 | 22:30 WIB
Presiden Palestina (kanan) Mahmoud Abbas bergandengan dengan Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto di acara KTT Gaza. (Foto/Tim Media Prabowo)
Presiden Palestina (kanan) Mahmoud Abbas bergandengan dengan Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto di acara KTT Gaza. (Foto/Tim Media Prabowo)

BeritaNasional.com - Aktivis hak asasi manusia Aysenur Ezgi Eygi tewas setelah ditembak oleh tentara Israel ketika mengikuti demonstrasi menentang permukiman ilegal Israel di Kota Beita ​​pada Jumat (6/9/2024).

Gubernur Nablus, Palestina, Ghassan Daghlas mengatakan hasil otopsi menunjukkan bahwa penyebab kematian perempuan 26 tahun berkewarganegaraan ganda AS dan Turki tersebut adalah luka tembak di kepala.

Dilansir dari Antara, saksi mata mengatakan tentara Israel menembaki sekelompok warga Palestina yang mengikuti demonstrasi mengecam permukiman ilegal ini.

Eygi diketahui adalah relawan Fazaa yang mendukung dan melindungi petani Palestina dari pelanggaran yang dilakukan para pemukim ilegal dan militer Israel.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Sabtu (14/9) siap mengajukan pengaduan ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait pembunuhan aktivis Turki-Amerika, Aysenur Ezgi Eygi.

Abbas juga turut berdukacita  atas pembunuhan Eygi yang disebut sebagai “putri pemberani Palestina dan Turki yang dibunuh oleh pendudukan Israel” serta sebagai “simbol nyata solidaritas antara rakyat Turki dan Palestina yang bersaudara.” 

“Pemerintah Palestina telah berkoordinasi dengan pihak berwenang AS dan Turki untuk memastikan penyelidikan yang adil atas pembunuhannya, dan saat ini sedang dipersiapkan pengajuan pengaduan ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait kejahatan pembunuhan tersebut,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: