Apresiasi bagi Penggerak Budaya, Kemendikbudristek Siapkan Gelaran Anugerah Kebudayaan 2024

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 16 September 2024 | 12:36 WIB
Kemendikbudristek Buat Anugerah Kebudayaan 2024. (Foto/Kemendikbudristek).
Kemendikbudristek Buat Anugerah Kebudayaan 2024. (Foto/Kemendikbudristek).

BeritaNasional.com - Guna mendorong pelestarian dan pemajuan kebudayaan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) tahun 2024. 

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan, menekankan pentingnya penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada para pelaku budaya. 

“Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada para penggerak budaya yang telah berdedikasi dan berkontribusi dalam upaya pemajuan kebudayaan. Itulah yang menjadi inspirasi tema AKI tahun ini," ujar Restu kepada wartawan, Senin (16/9/2024).

Acara ini akan berlangsung pada 17 September 2024 di Jakarta ini, mengusung tema “Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya”.

Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada individu atau lembaga yang berprestasi dan berkontribusi dalam pemajuan kebudayaan di Indonesia. Kegiatan ini merupakan implementasi dari amanat Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian Penghargaan Kebudayaan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Lebih lanjut, Restu menambahkan bahwa penghargaan ini tidak sekadar sebuah seremoni, namun juga bentuk apresiasi yang mendalam atas konsistensi para pelaku budaya dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia. 

“Para penggerak budaya yang terpilih menjadi penerima penghargaan telah menunjukkan konsistensinya dalam menjaga nilai-nilai warisan budaya serta melakukan inovasi dalam mengembangkan budaya nasional. Apa yang mereka lakukan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk memajukan budaya secara bersama-sama,” tuturnya.

Sebagai bukti nyata dari dampak Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI), para penerima penghargaan tahun sebelumnya merasakan manfaat yang signifikan, baik secara pribadi maupun kelembagaan. 

Penghargaan ini bukan hanya menjadi bentuk apresiasi, tetapi juga memberikan dukungan nyata dalam melanjutkan dan mengembangkan upaya pelestarian budaya. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: