KPK Ungkap Kaesang Minta Arahan Terkait Hal Ini

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 17 September 2024 | 16:42 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat di KPK. (Foto/PSI).
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat di KPK. (Foto/PSI).

BeritaNasional.com - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengatakan kedatangan Ketum PSI Kaesang Pangarep ke lembaga antirasuah untuk meminta arahan.

Menurut Pahala, arahan tersebut berkaitan dugaan penerimaan gratifikasi berbentuk fasilitas jet pribadi yang diduga diterima Kaesang untuk pergi ke Amerika Serikat.

“Meminta arahan dari KPK atas berita-berita sebelum ini, kan gitu ya. Ini harus ngapain lah, kira kira gitu,” ujar Pahala di Gedung ACLC KPK, Selasa (17/9/2024).

Pahala mengatakan pihaknya bakal menetapkan persoalan penerimaan fasilitas itu gratifikasi atau bukan. Menurutnya, Kaesang wajib mengembalikan uang jika hal itu diidentifikasi sebagai gratifikasi.

“Kalau misalnya kita sebut bahwa hasilnya ini ditetapkan sebagai milik negara, ini kan fasilitas ya jadi harus dikonversi jadi uang nanti di setor uangnya gitu,” tuturnya.

Sebelumnya, Kaesang mengaku meminta arahan dan nasehat terkait tundingan penerimaan gratifikasi yang diarahkan kepadanya

“Saya minta arahan dan nasehat dari KPK,” ujar Kaesang.

Dirinya mengaku terbang ke Amerika Serikat pada 18 Agustus menggunakan pesawat peribadi seorang temannya.

“Yang numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: