Menteri PUPR Akan Bahas Evaluasi PON XXI Aceh-Sumut Bersama Menko PMK

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 18 September 2024 | 14:13 WIB
Pekan Olahraga Nasional XXI di Aceh dan Sumatera Utara. (BeritaNasional/Doc. Humas Polri)
Pekan Olahraga Nasional XXI di Aceh dan Sumatera Utara. (BeritaNasional/Doc. Humas Polri)

BeritaNasional.com -  Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menghadiri rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, siang ini.

Rapat tersebut bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumut. Basuki menyatakan bahwa hasil evaluasi ini akan disampaikan kepada Presiden.

"Rapat dijadwalkan pada pukul 14.30 WIB untuk membahas evaluasi. Ini mungkin sebagai persiapan untuk laporan kepada Presiden," ujar Basuki di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Dalam pertemuan ini berbagai isu selama penyelenggaraan PON XXI akan dibahas, termasuk insiden ambruknya venue cabang olahraga menembak akibat hujan deras. 

"Kami telah mengirim tim K3, Komite Keamanan Konstruksi, untuk meninjau situasi di sana. Kami perlu melihat apa yang sebenarnya terjadi," jelasnya.

Basuki menambahkan bahwa jika Menko PMK mengundang rapat untuk evaluasi PON, maka biasanya juga melibatkan Menpora dan beberapa pihak lain, termasuk dirinya.

Ia juga menyebutkan bahwa PUPR telah melakukan evaluasi internal terkait penyelenggaraan PON XXI dan memastikan bahwa 18 venue yang berada di bawah tanggung jawab PUPR sudah dalam kondisi aman.

"Saya sudah melakukan evaluasi internal. Terdapat 18 venue di Aceh dan semuanya dalam kondisi baik, kecuali venue yang terdampak badai. Venue di stadion di Sumut juga telah selesai diperbaiki," ungkap Basuki.

"Penutupan acara akan berlangsung pada hari Jumat, dan semua yang menjadi tanggung jawab kami sudah siap," tutupnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: