Prabowo Diminta Pilih Menteri-menteri yang Punya Keahlian

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 20 September 2024 | 20:25 WIB
Prabowo diminta pilih menteri yang punya keahlian (Beritamasional/Elvis)
Prabowo diminta pilih menteri yang punya keahlian (Beritamasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Direktur Riset dan Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI Ibnu Dwi Cahyo menilai wacana penambahan jumlah kementerian kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto hal yang sah.

Hal itu dia ucapkan menyoroti wacana kementerian bertambah dari 34 pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi 44 kementerian.

“Sah-sah saja jika jumlah kementeriannya bertambah selama ada dasar hukumnya,” ujar Ibnu kepada wartawan, Jumat (20/9/2024).

Namun ia mengingatkan Prabowo agar memilih sosok-sosok yang sesuai keahliannya dengan kementerian atau lembaga tersebut.

“Tak kalah penting Prabowo harus menempatkan orang-orang terbaik dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan kementerian tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menduga kabinet Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto bakal lebih banyak diisi menteri dari kalangan profesional.

Hal itu dia ungkapkan untuk meneruskan pernyataan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang mengatakan Prabowo bakal membentuk Zaken Kabinet.

Meski demikian, Dasco mengaku belum bisa membocorkan siapa saja yang bakal menjadi menteri di era mepemimpinan Prabowo karena masih dalam tahap simulasi.

"Ini juga belum bisa disampaikan ke publik karena masih simulasi. Tapi kalau dari profesional murni itu agak banyak memang yang masuk kelihatannya begitu," ujar Dasco.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: