Elektabilitas Suswono di Urutan Buncit, RK: Survei Jangan Orang per Orang

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 20 September 2024 | 17:00 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Bakal Calon Gubernur Jakarta dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, Ridwan Kamil (RK), merespons hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang mencatat bahwa elektabilitas Suswono berada di posisi paling akhir dibandingkan peserta Pilgub Jakarta lainnya.

RK mengatakan bahwa hasil survei harus dilihat secara berpasangan. Menurutnya, tak relevan lagi jika melihat elektabilitas setiap orang karena mereka telah menjadi satu kesatuan sebagai pasangan calon yang tengah berkompetisi di Pilgub Jakarta 2024.

"Nih dengerin ya. Survei itu jangan orang per orang. Survei itu sudah berpasangan, jadi enggak terlalu relevan membandingkan orang per orang," kata RK kepada wartawan di Jakarta Utara, Jumat (20/9/2024).

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk fokus pada hasil elektabilitas RK-Suswono, serta bakal pasangan calon lainnya.

"Jadi kalau mau membahas, ya membahas sudah berpasangan: RIDO, saya dengan Suswono, Pramono dengan Rano, Dharma-Kun. Itu saja. Saya titip ya untuk mengedukasi demokrasi, yang dibahas hanya sebagai pasangan," tegas RK.

Untuk diketahui, dalam survei LSI terbaru, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas paling tinggi dibandingkan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) lainnya dengan angka 44 persen.

Selanjutnya, Rano Karno berada di posisi kedua dengan 16 persen, diikuti oleh Pramono Anung di urutan ketiga dengan 10,5 persen.

Kemudian, Dharma Pongrekun di urutan keempat dengan 1,5 persen dan Kun Wardana di 0,4 persen. Terakhir, ada Suswono dengan 0,2 persen.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: