Kemenperin Siap Cetak SDM yang Kompeten

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 22 September 2024 | 07:30 WIB
Ilustrasi SDM yang kompeten (Foto/Pixabay)
Ilustrasi SDM yang kompeten (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) berkompeten melalui infrastruktur pendidikan yang mereka miliki.

"Kami terus berusaha mencetak melalui 13 perguruan tinggi, sembilan SMK, dan tujuh balai diklat industri. Semuanya memang dipersiapkan untuk membangun dan mencetak industri yang kompeten dan siap untuk kerja di dunia industri," kata Kepala Badan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Masrokhan.

Ia mengatakan, permintaan tenaga kerja oleh dunia industri terus bertambah. Bahkan, 100 persen lulusan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perindustrian diterima oleh industri.

"Bahkan ini masih kurang. Menteri Perindustrian memberikan arahan kepada kami agar terus menambah kualitas tenaga kerja," katanya dikutip dari Antara.

Namun kapasitas lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Perindustrian terbatas. Oleh karena itu, pihaknya juga menyelenggarakan diklat kepada mereka yang belum terserap oleh industri.

"Mereka ini kami carikan jalan keluar, gedung kami yang kosong, belum terpakai digunakan untuk kelas. Tahun ini kami menerima sekitar 33.000 orang," katanya.

Ia mengatakan, program tersebut berupa pendidikan dan latihan yang diselenggarakan selama 2-3 minggu.

"Di situ ada pelatihannya, peserta dapat sertifikasi dan fasilitas penempatan kerja. Jadi ini three in one. Mau cari kerja sendiri juga bisa, tapi kami juga sudah menyiapkan industrinya," katanya.

Ia mengatakan, untuk pendidikan di bawah Kementerian Perindustrian setiap tahun menghasilkan sekitar 8.000 lulusan. Sedangkan program three in one atau diklat tersebut bisa menghasilkan hingga 34.000 tenaga kerja per tahunnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: