Menko Polhukam Hadi Serahkan Pilot Susi Air Kapten Philip Mehrtens ke Pemerintah Selandia Baru

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 22 September 2024 | 05:18 WIB
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. (Foto/Humas Polri).
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. (Foto/Humas Polri).

BeritaNasional.com - Usai dibebaskan dari sandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens resmi diserahkan pemerintah Republik Indonesia kepada pemerintah Selandia Baru.

Serah terima dilakukan oleh pemerintah Indonesia usai Philip tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/9/2024) malam. Kemudian, langsung diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto 

“Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, yaitu Bapak Kevin (Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia) ,” ujar Hadi, Sabtu (21/9/2024) malam.

Menurut Hadi, penyerahan Philip berjalan lancar. Dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembebasan Philip dari tangan KKB.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, dalam operasi ini,” tutur dia.

Sebelumnya, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya berhasil dibebaskan setelah 1,5 tahun disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua, Sabtu (21/9/2024).

Brigjen Pol Faizal Ramadhani, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengatakan bahwa selama ini mengedepankan upaya soft approach untuk membebaskan pilot tersebut.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ujar Faizal dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: