KPK Segera Umumkan Hasil Analisis Klarifikasi Kaesang soal Jet Pribadi

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 24 September 2024 | 10:01 WIB
Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika. (BeritaNasional/Panji Septo).
Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera menyampaikan hasil penelaahan laporan dugaan gratifikasi berupa yang penggunaan jet pribadi yang disampaikan Ketum PSI Kaesang Pangarep. 

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan bahwa hasil laporan tersebut masih dalam proses penyelesaian administrasi dan selanjutnya pembahasan dibahas ke tingkat pimpinan.

"KPK masih proses penyelesaian administrasi untuk laporan gratifikasi saudara KP, baik di direktorat gratifikasi maupun di direktorat PLPM. “Kita harapkan dalam waktu dekat proses di kedua direktorat itu dapat selesai dan dapat dibahas di tingkat pimpinan,” ujar Tessa kepada wartawan dikutip Selasa (24/92024).

Tessa mengatakan lembaga antirasuah bakal mengumumkan hasil tersebut usai rapat pimpinan yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Secepatnya nanti kita akan umumkan kepada teman-teman jurnalis hasil yang sudah diputuskan di rapat pimpinan tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses penelaahan laporan dugaan gratifikasi itu.

"Proses telaah laporan gratifikasi sudah selesai. Nanti informasinya akan disampaikan pimpinan,” ujar Pahala.

Dalam perkara ini, Kaesang diduga menerima gratifikasi berupa fasilitas jet pribadi. Akan tetapi, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku hanya sekadar menumpang penerbangan saja.

“Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat,” ujar Kaesang.

“Yang numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” tambahnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: