Tak Ada Rapor Merah untuk Menag Yaqut

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 24 September 2024 | 15:29 WIB
Ilustrasi tak ada rapor merah untuk Menag Yaqut (Foto/X Yaqut C Qoumas)
Ilustrasi tak ada rapor merah untuk Menag Yaqut (Foto/X Yaqut C Qoumas)

BeritaNasional.com - Anggota Pansus Haji Marwan Jafar mengungkapkan, dalam laporan Panitia Khusus (Pansus) penyelenggaraan haji tidak ada rapor merah untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Hanya ada rekomendasi kepada pemerintah untuk mencari menteri yang bersih dan kredibel untuk menangani haji.

"Untuk rapor merah bahasanya tidak ada rapor merah. Bahasanya adalah pemerintah yang akan datang itu harus mencari menteri agama yang betul-betul bersih dan kredibel untuk menangani persoalan haji," kata Marwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Marwan mengatakan, rapor merah itu dihapus dalam kesimpulan dan rekomendasi yang akan dibacakan dalam rapat paripurna terakhir sebelum penutupan.

"Seharusnya masuk. Jadi banyak hal yang memang, ya puas tidak puas tapi hasilnya seperti itu lah kira-kira," katanya.

Menurutnya, hasil Pansus ini dibuat melunak karena banyak yang intervensi. Baik dari luar, ataupun dari anggota Pansus sendiri.

"Ya dalam tanda kutip masuk angin itu dari internal pansus sendiri. Di samping dari ada intervensi-intervensi dari luar yang memang luar biasa," kata Marwan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: