Eks Penyidik Minta Pansel Capim dan Cadewas KPK Tak Pilih Kandidat Bermasalah

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 26 September 2024 | 13:30 WIB
Eks penyidik minta Pansel Capim tak pilih kandidat bermasalah (Beritanasional/Panji)
Eks penyidik minta Pansel Capim tak pilih kandidat bermasalah (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo minta panitia seleksi calon pimpinan dan calon dewan pengawas lembaga antirasuah tak memilih kandidat bermasalah atau titipan.

Hal itu ia ucapkan menyoroti proses wawancara dan tes kesehatan yang sudah dijalani para kandidat capim dan cadewas KPK.

“Pansel harus berhati-hati agar tidak terpilih pimpinan KPK yang bermasalah dan diduga titipan,” ujar Yudi kepada Beritanasional.com, Kamis (26/9/2024).

Menurut Yudi, hal tersebut perlu dilakukan agar pimpinan lembaga antirasuah periode mendatang tidak terbebani dengan perkara apapun.

“Agar ketika menjadi pimpinan KPK dia tidak akan terbebani dosa masa lalu yang akan menyebabkan tersandera sehingga kemudian kerjanya tidak optimal,” tuturnya.

Selain itu, Yudi juga berharap pansel capim dan cadewas memilih kandidat yang dititipkan pihak tertentu agar tak mudah diintervensi.

“Yang dititipkan ini tidak akan independen dalam memgambil putusan ketika menjadi pimpinan KPK serta mudah diarahkan oleh yang menitipkan,” kata dia.

Ia mengaku khawatir, pimpinan KPK periode 2024-2024 bakal bermain-main dengan penanganan kasus apabila menjadi seorang yang dititipkan.

“Yang lebih parah adalah penanganan kasus akan tebang pilih,” ucapnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: