Paus Terdampar di Perairan Teluk Balikpapan, Beratnya Diperkirakan 40 Ton

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 27 September 2024 | 02:30 WIB
Ilustrasi paus yang terdampar di wilayah Indonesia. (Foto/KLHK)
Ilustrasi paus yang terdampar di wilayah Indonesia. (Foto/KLHK)

BeritaNasional.com - Seekor paus terdampar di perairan Teluk Balikpapan, kawasan Pantai Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024)

Binmas Polairud Polda Kaltim Bripka Taufik Ismail mengatakan paus ini diperkirakan memiliki panjang 15 meter dan berat 40 ton.

"Kami perkirakan hewan mamalia yang terdampar itu panjangnya 15 meter dan berat 40 ton. Paus ini pertama kali ditemukan nelayan setempat," ungkapnya yang dikutip dari Antaranews pada Kamis (26/9/2024).

Taufik menuturkan jenis kelamin paus ini belum bisa dipastikan. Namun, dia menduga ini adalah paus sperma.

Paus ini terdampar sekitar 2 mil dari bibir pantai. Nelayan tersebut secara tidak sengaja melihatnya di perairan dangkal dan sempat mengabadikan gambarnya kemudian tersebar di berbagai akun media sosial.

"Para nelayan melaporkan kejadian itu dan kami segera bertindak bersama Dinas Perikanan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim," ungkapnya.

Paus yang terdampar itu masih dalam kondisi hidup, tetapi kemungkinan kesehatannya tidak 100 persen atau sedang sakit.

Selanjutnya sejumlah pihak berusaha maksimal untuk menyelamatkan ikan paus tersebut dengan mengarahkannya kembali ke laut dalam.

"Hari ini masih dilakukan upaya untuk mengembalikan paus itu ke laut dalam," ungkap Taufik.

Paus ini terdampar mungkin disebabkan tersesat akibat faktor kesehatan atau dipengaruhi oleh gempa bumi yang terjadi sebelumnya.

"Masalah kesehatan atau terganggu oleh gempa, yang bisa memengaruhi sonar paus sehingga menyulitkan dia kembali ke laut dalam," ujar Taufik.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: