PDIP: Puan Maharani Jadi Ketua DPR 2024-2029

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 09:26 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (BeritaNasional/Ahda).
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah membocorkan susunan pimpinan DPR RI periode 2024-2029. Said telah mendengar nama-nama yang akan diusulkan oleh Gerindra, Golkar, PKB dan NasDem.

Sementara itu, PDIP mengkonfirmasi bahwa Puan Maharani akan menjadi ketua DPR untuk kedua kalinya.

"PDIP sesuai dengan UU MD3 insya allah kalau tidak ada aral tidak ada halangan tidak ada hambatan mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Sementara itu, Said mengungkap bahwa Gerindra akan menunjuk Sufmi Dasco Ahmad lagi sebagai pimpinan DPR, sementara Golkar Adies Kadir, NasDem Saan Mustofa, dan PKB Faisol Reza.

"Sekelumit tentu dari Gerindra pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustofa dan dari PKB mantan ketua komisi 6 adinda Reza," katanya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan dipastikan akan mendapatkan kursi ketua DPR pada periode 2024-2024 karena sebagai pemenang pemilu legislatif. Hal itu karena tidak ada perubahan UU MPR, DPR, DPD dan DPRD.

"Ya kan kita sudah sama-sama tahu bahwa dalam periode ini tidak ada perubahan UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentunya mengacu pada UU MD3 yang masih berlaku pada saat ini," ujar Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Merujuk pada hasil Pileg 2019, secara berurutan lima besar partai adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB dan NasDem. Maka lima partai ini yang masuk paket pimpinan DPR.

Dasco mengatakan, terkait nama-nama pimpinan DPR akan diusulkan masing-masing fraksi pada periode berikutnya.

"Ya tentunya kalau melihat UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur dengan ketentuan paket pimpinan pemenang satu kedua ketiga keempat dan kelima yang nanti akan diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan," ujar ketua harian DPP Gerindra ini.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: