Pegawai di Lingkungan Lembaga Kepresidenan Ucapkan Ikrar Kesaktian Pancasila

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 09:17 WIB
Pejabat dan pegawai di lingkungan Lembaga Kepresidenan termasuk Sekretariat Kabinet ikuti kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Pejabat dan pegawai di lingkungan Lembaga Kepresidenan termasuk Sekretariat Kabinet ikuti kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

BeritaNasional.com -  Pejabat dan pegawai di lingkungan Lembaga Kepresidenan, termasuk Sekretariat Kabinet (Setkab), mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung pada 1 Oktober 2024 di halaman parkir Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta.

Inspektur upacara pada acara tersebut adalah Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila oleh inspektur upacara yang diikuti oleh semua peserta. Setelah pembacaan Pancasila, petugas upacara juga membacakan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Dalam rangkaian acara tersebut, dilakukan pula pembacaan ikrar kesaktian kepada Pancasila yang berbunyi:

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut terjadi karena kelengahan dan kurangnya kewaspadaan bangsa Indonesia terhadap upaya yang berusaha menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Dengan semangat kebersamaan yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk memperjuangkan dan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Hadir dalam upacara ini adalah pejabat-pejabat di lingkungan Setkab, antara lain Deputi Bidang Administrasi Thanon Aria Dewangga, Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Yuli Harsono, serta Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Purnomo Sucipto.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: