Ketua MPR Minta Pemerintah Cegah Eskalasi di Timur Tengah

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 14:30 WIB
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Ahmad Muzani meminta pemerintah untuk turut serta mencegah eskalasi politik di Timur Tengah agar tidak meluas. Muzani menyampaikannya dalam pidato pelantikan ketua MPR periode 2024-2029.

"Kami mohon dengan hormat, agar pemerintah Republik Indonesia menggunakan pengaruhnya untuk mencegah agar eskalasi tersebut tidak meluas dan tidak sampai merambat kemana-mana," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sekjen Gerindra ini mengingatkan pentingnya memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Meski tanpa harus sampai mencegah terjadinya peperangan.

"Kita juga harus tetap memperjuangkan kemerdekaan Palestina sebagai sebuah komitmen yang tetap kita junjung tinggi," kata Muzani.

Muzani mengatakan, Kemerdekaan Palestina merupakan amanah sejarah. Sejak 1955 Konferensi Asia Afrika di Bandung, kemerdekaan Palestina bagian dari Dasa Sila Bandung yang sampai sekarang menjadi amanat dan belum tercapai.

"Karena itu pengaruh yang kita miliki, baik di nonblok, di G20, di APEC, di OKI, MPR mendorong agar pemerintah Republik Indonesia menggunakannya untuk mencegah peperangan yang lebih luas dan menciptakan Palestina yang lebih merdeka," kata Muzani.

Muzani mengajak seluruh elemen masyarakat menyuarakan kepentingan rakyat Palestina. 

"Kita harus berkolaborasi untuk memastikan bahwa suara mereka didengar, dan diperjuangkan mendapatkan dukungan internasional yang kuat," kata Muzani.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: