Panggung HUT ke-79 TNI Bernuansa Istana IKN, Simbol Representasi Transisi Pemerintahan

Oleh: Bachtiarudin Alam
Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:18 WIB
Panggung HUT ke-79 TNI Bernuansa Istana IKN. (BeritaNasional/Bachtiarudin).
Panggung HUT ke-79 TNI Bernuansa Istana IKN. (BeritaNasional/Bachtiarudin).

BeritaNasional.com - Segala persiapan HUT ke-79 TNI telah selesai dilakukan. Termasuk megahnya panggung utama yang telah berdiri di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dari megahnya area HUT, panggung utama yang berkelir warna merah putih ini turut menyita perhatian. Lantaran dekorasi mewah yang menduplikat Garuda Istana di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Pusat Penerangan (kapuspen) TNI Mayor Jenderal Hariyanto pun mengungkap alasan pemakaian Garuda Istana IKN pada panggung utama, sebagai representasi kesiapan TNI mengawal transisi pemerintahan.

"Apa yang sudah dibuat nanti akan terjadi transisi pemerintahan kita akan mengawal ke sana. Tidak lama lagi. Apa yang sudah dilakukan oleh pejabat yang lama pasti akan dilanjutkan pejabat yang baru," kata Hariyanto usai gladi resik HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Hal ini juga sejalan dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju” yang diusung dalam HUT tahun ini.

"Jadi kita juga untuk memberikan kesan bahwa TNI siap mendukung pelaksanaan transisi pemerintahan untuk menuju Indonesia baru. Itu tema yang kita buat juga, sehingga kita akan mengawal kepemimpinan nasional," ujarnya. 

Berdasarkan pantauan Beritanasional.com di lokasi, terlihat panggung utama yang membentang cukup besar turut menduplikat burung garuda yang sedang mengepakkan sayap, seperti bangunan Istana IKN.

Dengan tulisan 'Prima' sebagai Visi dari Panglima Jenderal TNI Agus Subianto tertulis jelas di panggung utama. Nantinya, panggung itu akan menjadi tempat sejumlah penampilan yang telah disiapkan untuk meramaikan HUT TNI.

Presiden Jokowi Bakal Hadir

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menjadi Inspektur Upacara saat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Sabtu (5/10/2024) nanti.

“Pada saat pelaksanaan Upacara 5 Oktober yang nanti pada hari Sabtu dihadiri sebagai Inspektur Upacara Presiden RI,” kata Kapuspen Mabes TNI Mayjend, Hariyanto kepada wartawan, Kamis (3/10/2024).

Mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, TNI menyiapkan berbagai atraksi dan kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh masyarakat. 

“Kegiatan ini memang dilaksanakan bukan hanya TNI tetapi tiga matra sangat berperan dalam kegiatan tersebut, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU,” kata dia.

“Pelaksanaan kegiatan diawali oleh upacara parade, kemudian demonstrasi, dan dilanjutkan dengan defile. Kemudian nanti ada pesta hiburan rakyat. Mungkin satu hari full kita melaksanakan kegiatan,” tambahnya.

Tidak lupa, Hariyanto juga menitipkan pesan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto agar masyarakat bisa turut hadir menyaksikan seluruh rangkaian acara HUT TNI.

“Panglima TNI juga memohon doa dari seluruh masyarakat untuk kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Kemudian TNI semakin sukses ke depannya,” imbuhnya.

Adapun pertunjukan ini bisa disaksikan secara gratis oleh masyarakat umum. Berikut ini rangkaian acaranya:

Daftar acara Demo Bela Diri, Demo Berkuda, Jupiter Aerobatic Team, Terjun Payung, Rajawali Laut Flight, Demo Anti Drone, Defile Pasukan, Defile Alutsista, Kirab Alutsista Bersama Rakyat, Demo Drone Theatrical Fly Pass Boomburst & High Speed Pass, Makan Gratis.

Kemudian dilanjutkan konser musik yang dimeriahkan oleh: Dewa 19, Slank, Ari Lasso, NDX AKA, Raffi Ahmad, Bebizie, dan Oki Lukman.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: