Polisi Pastikan 7 Remaja Laki-laki Tewas di Kali Bekasi karena Tenggelam

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 04 Oktober 2024 | 16:30 WIB
Polisi memasang garis polisi di sekitar tempat penemuan tujuh mayat di Kali Bekasi. (BeritaNasional/Elvis)
Polisi memasang garis polisi di sekitar tempat penemuan tujuh mayat di Kali Bekasi. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Polisi telah menyimpulkan penyebab kematian tujuh remaja laki-laki yang ditemukan di Kali Bekasi, Jawa Barat, karena tenggelam. Kesimpulan itu merujuk pada hasil autopsi dan pemeriksaan toksikologi tujuh jasad korban. 

"Ini dapat disimpulkan sebab kematian dari hasil pemeriksaan luar, autopsi, dan toksikologi dari ketujuh jenazah meninggal karena tenggelam," ujar Kasatreskrim Polres Metro Bekasi Kota Kompol Audy Joize Oroh pada Jumat (4/10/2024).

Kesimpulan itu juga sesuai dengan pemaparan dari dokter spesialis forensik dan medikolegal RS Bhayangkara Polri Kramat Jati dr Farah yang menemukan adanya pasir dan lumpur pada saluran pencernaan serta pernapasan para korban. 

"Dari hasil pemeriksaan luar, ditemukan tujuh jenazah sudah dalam kondisi membusuk lanjut dan masih berpakaian lengkap serta terendam. Jadi, pakaiannya basah, tangannya keriput terendam air,” katanya.

Lalu, Farah menyebut dari sampel tubuh korban tidak ditemukan adanya luka patah tulang. Temuan ini turut memperkuat kesimpulan penyebab meninggal tujuh remaja, karena tenggelam.

“Kemudian, kami ambil toksikologi, kami ambil sampel histopatologi. Kemudian, pada tujuh jenazah, tidak ditemukan luka terbuka maupun patah tulang, hasil kesimpulan, tujuh jenazah meninggal dalam kondisi tenggelam," kata Farah.

Identitas Tujuh Jenazah

Sebelumnya, tujuh jenazah remaja yang ditemukan tewas di Kali Bekasi, Jawa Barat, Minggu (22/9/2024) berhasil teridentifikasi setelah tim gabungan memeriksa identifikasi terhadap jenazah tersebut.

Karo Dokpol Pusdokkes Polri Brigjen Nyoman Eddy Purnama menyatakan identifikasi jenazah dilakukan dengan memeriksa DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.

“Dengan demikian, seluruh jenazah yang ditemukan sudah teridentifikasi” ujar Nyoman Eddy dikutip Minggu (29/9/2024).

Pada kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan bahwa jenazah para korban akan diserahkan kepada pihak keluarga korban.

“Setelah ini jenazah akan diserahkan langsung pada keluarga yang akan mengambil jenazah,” ujarnya.

Berikut daftar nama korban yang terdiri atas tujuh jenazah laki-laki atas nama:

1. Jenazah Nomor PM: 0045/IX/2024/ML, Cocok dengan Data AM No. 001 teridentifikasi sebagai Muhammad Rizki, Laki-Laki, Usia 19 Tahun, Asal Kabupaten Bekasi, Berdasarkan gigi, sidik jari, medis, dan property

2. Jenazah Nomor PM: 0048/IX/20204/ML, Cocok dengan Data AM No 002 teridentifikasi sebagai Ahmad Davi, Laki-Laki, Usia 16 tahun, asal Kota Bekasi, berdasarkan gigi, sidik jari, medis, dan property

3. Jenazah Nomor PM: 0047/IX/2024/ML , Cocok dengan Data AM No 004 teridentifikasi sebagai Muhamad Farhan, Laki-Laki, Usia 20 Tahun, asal Kota Bekasi, berdasarkan DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.

4. Jenazah Nomor PM: 0043/IX/2024/ML , Cocok dengan Data AM No 003 teridentifikasi sebagai Rizki Ramadhan, Laki-Laki, Usia 15 Tahun, asal Kota Bekasi, berdasarkan DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.

5. Jenazah Nomor PM: 0044/IX/2024/ML , Cocok dengan Data AM No 007 teridentifikasi sebagai Ridho Darmawan, Laki-Laki, Usia 15 Tahun, asal Kabupaten Bekasi, berdasarkan DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.

6. Jenazah Nomor PM: 0046/IX/2024/ML , Cocok dengan Data AM No 005 teridentifikasi sebagai Rezky Dwi Cahyo, Laki-Laki, Usia 16 Tahun, asal Kota Bekasi, berdasarkan DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.

7. Jenazah Nomor PM: 0049/IX/2024/ML , Cocok dengan Data AM No 006 teridentifikasi sebagai Vino Satriani, Laki-Laki, Usia 15 Tahun, asal Kota Bekasi, berdasarkan DNA, sidik jari, gigi, ciri medis, dan property.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: