Tanggal 4 Oktober 2024 Hari Apa? Ada Peringatan Hari Hewan Sedunia

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:10 WIB
Harimau di Taman Safari. (Foto/Taman Safari)
Harimau di Taman Safari. (Foto/Taman Safari)

BeritaNasional.com - Pada 4 Oktober 2024, beberapa peristiwa penting akan diperingati secara global, salah satunya adalah Hari Hewan Sedunia. 

Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesejahteraan dan perlindungan hewan di seluruh dunia.

Sejarah

Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tahun pada 4 Oktober dan memiliki sejarah yang berakar dari upaya global untuk meningkatkan kesadaran akan perlindungan hewan.

Tanggal 4 Oktober dipilih karena bertepatan dengan hari Saint Francis dari Assisi, yang dikenal sebagai pelindung hewan dan lingkungan. Saint Francis memiliki pandangan yang mendalam tentang hubungan antara manusia dan hewan, serta menghargai semua makhluk sebagai ciptaan Tuhan

Sejak saat itu, Hari Hewan Sedunia telah menjadi momen penting untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesejahteraan hewan. Organisasi seperti World Animal Protection dan berbagai lembaga perlindungan hewan di seluruh dunia merayakan hari ini dengan mengadakan kampanye, acara edukasi, dan kegiatan lainnya untuk mempromosikan perlindungan hewan

Hari Hewan Sedunia juga menjadi ajang bagi para ahli ekologi untuk membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan spesies yang terancam punah. Dimulai pada tahun 2003, pecinta hewan di seluruh dunia untuk ikut ambil bagian serta menyuarakan aspirasi mereka demi mendukung sahabat-sahabat hewan.

Perayaan Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia yang diperingati pada 4 Oktober 2024 mengusung tema "The World is Their Home Too" atau "Dunia juga adalah Rumah Mereka". 

Tema ini menekankan bahwa hewan bukan hanya penghuni Bumi, tetapi juga bagian integral dari ekosistem yang harus dilindungi dan dihormati.

Berbagai kegiatan direncanakan untuk memobilisasi dukungan bagi kesejahteraan hewan. Ini termasuk kampanye penyuluhan, penggalangan dana, serta pendirian tempat penampungan hewan. Hari ini juga akan menjadi kesempatan untuk mendiskusikan isu-isu penting terkait perlakuan terhadap hewan, seperti penyiksaan, eksploitasi, dan perdagangan hewan liar yang mengancam kelestarian spesies.

Kegiatan yang bermanfaat untuk melestarikan hewan sedunia

ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh individu dan komunitas. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Meningkatkan pengetahuan tentang kesejahteraan hewan

2. Alih-alih membeli hewan peliharaan dari peternak, pertimbangan untuk mengadopsi hewan 

3. Menyumbang ke organisasi perlindungan hewan yang bekerja di lapangan untuk menyelamatkan, merawat, dan melindungi hewan.

4. Bergabung dengan organisasi perlindungan hewan lokal sebagai relawan

Dengan meningkatnya kesadaran dan penegakan hukum, diharapkan populasi spesies terancam punah dapat dilestarikan.

Semoga lebih banyak orang menyadari pentingnya perlindungan hewan dan berkomitmen untuk menjaga kesejahteraan mereka.

(Nailil Hikmah / Magang)sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: