Ridwan Kamil Yakin Elektabilitasnya Tembus 50 Persen

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 21:30 WIB
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat penetapan nomor urut di KPU Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat penetapan nomor urut di KPU Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) merasa tidak ditempel oleh Pramono-Rano dalam survei elektabilitas Pilgub Jakarta 2024. Dia yakin elektabilitas aslinya sudah tembus di atas 50 persen.

"Sama saja, kalau survei itu kalau dihilangkan undecidednya dan diratakan kepada pasangan secara proporsional, pasangan Rido (Ridwan Kamil-Suswono) sudah tembus 50 persen, sesuai target, kami yang penting 50 persen plus 1," kata RK di Gedung DPRD Jakarta, Jumat (4/10/2024).

RK mengatakan akan memperbanyak blusukan. Terutama untuk bertemu ibu-ibu sebagai suara yang penting untuk meningkatkan elektabilitas.

"Ya, perbanyak blusukan, perbanyak ketemu ibu-ibu. Masih ada enam minggu survei itu untuk pembaca hari ini jadi dengan ada survei kita tahu mana kurang mana," katanya.

Sebelumnya, hasil Survei Charta Politika menyatakan Ridwan Kamil-Suswono lebih diminati pemilih perempuan, sedangkan Pramono-Rano didominasi pemilih laki-laki dalam Pilgub Jakarta 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, perbedaan tersebut juga terletak dari segi usia pemilih.

“Ada perbedaan yang masih terlihat kalau RK-Suswono unggul di pemilih perempuan sedangkan Pramono-Rano laki-laki,” ujar Yunarto dalam keterangannya, Kamis (3/10/2024).

Yunarto mengatakan, RK-Suswono unggul di kalangan pemilih usia 17-20 tahun dengan gap yang sangat besar dengan Pramono-Rano.

“Mungkin karena RK seorang pemain Instagram yang sangat aktif dan followernya besar sekali. Jadi, PR untuk Pramono-Rano, belum tentu usia-usia tersebut mengetahui film si Doel,” tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: