Jelang Debat Perdana, RK Minta Doa dari Masyarakat

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 06 Oktober 2024 | 08:24 WIB
RK minta doa dari masyarakat (Beritanasional/Lydia)
RK minta doa dari masyarakat (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk mendoakannya agar dapat menjalankan kampanye metode debat pada Minggu (6/10/2024) hari ini.

"Saya sudah latihan debat. Doakan lisan kami diberikan kemudahan, pola pikir kami juga diberi kelancaran," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024) kemarin.

Ridwan Kamil mengatakan, doa itu ia minta secara tulus kepada masyarakat. Mengingat, terkadang kerap kali mengalami kendala seperti kurang lancar berbicara meski pikirannya tenang.

"Kadang-kadang lancar di pikiran, macet di ucapan. Terkadang lancar di ucapan, namun macet di pikiran sehingga programnya tidak tersampaikan dengan baik," ujar Ridwan Kamil.

Dia pun berharap bisa menyampaikan programnya dengan baik sehingga dapat meyakinkan warga Jakarta bahwa dirinya bisa membawa Jakarta lebih baik.

"Mudah-mudahan besok berjalan lancar sehingga bisa meyakinkan warga Jakarta," ucap Ridwan Kamil. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan teknis debat perdana Pilgub Jakarta 2024 yang akan digelar pada Minggu (6/10/2024) mendatang.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, debat akan berlangsung selama 150 menit dan terdiri dari enam segmen.

"Debat perdana di tanggal 6 Oktober nanti itu akan diselenggarakan di JiExpo Kemayoran mulai pukul 19.00 dan debat ini akan berlangsung selama durasinya 150 menit. Jadi dari 19.00 sampai jam 21.30," kata Astri kepada wartawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Astri merinci, segmen pertama adalah pemaparan visi misi yang akan dimulai oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono dan diikuti oleh paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, juga paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Lalu, segmen kedua dan segmen ketiga adalah menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian, segmen empat dan lima adalah tanya jawab antarpaslon. Terakhir, segmen enam adalah closing statement.

"Debat ini akan langsung dihadiri oleh calon gubernur dan calon wakil gubernur. Keduanya akan hadir dan akan ada porsinya sendiri baik untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur," ujar Astri.

Karena debat akan dihadiri calon gubernur dan calon wakil gubernur, mereka keduanya diberi waktu tersendiri untuk memaparkan visi misi atau menjawab pertanyaan yang diberikan.

"Jadi nanti di pembagian segmentasinya ada porsi khusus calon gubernur, porsi khusus calon wakil gubernur. Nanti juga ada di segmentasi di mana baik calon gubernur atau calon wakil gubernur ini bisa saling menimpali atau menjawab pertanyaan," tegas Astri.

"Jadi untuk menjawab (waktunya) dua menit, kalau untuk menanggapi satu menit. Jadi kan nanti di segmen eua itu kan ada giliran paslon menjawab pertanyaan panelis, kemudian paslon lain bisa menanggapi. Nah paslon lain yang menanggapi waktunya satu menit," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: