Jokowi Bakal Tandatangani 10 Nama Capim dan Cadewas KPK

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 06 Oktober 2024 | 12:35 WIB
Jokowi siap tandatangani nama-nama capim dan cadewas KPK (Beritanasional/Oke Atmaja)
Jokowi siap tandatangani nama-nama capim dan cadewas KPK (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menandatangani menandatangani nama-nama calon pimpinan dan calon dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurutnya, hal tersebut akan ia lakukan jika urusan administrasi di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sudah selesai.

"Menunggu selesainya administrasi dari Setneg. Kalau selesai nanti dibawa ke saya, (saya) tanda tangan itu," ujar Jokowi singkat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (06/10/2024).

Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana mengabarkan Jokowi menerima 10 nama capim dan cadewas KPK yang telah lolos tes wawancara dan kesehatan dari pansel.

"Bapak Presiden telah menerima Panitia Seleksi capim dan cadewas KPK di Ruang Holding, Base Off Lanud Halim Perdana Kusuma," ujar Ari.

Menurut Ari, Jokowi telah menyerahkan tanggung jawab mengumumkan nama-nama orang yang telah disaring tersebut kepada Pansel.

"Terkait nama-nama capim dan cadewas KPK yang disampaikan pansel ke presiden akan diumumkan secara langsung oleh pansel dalam konfrensi pers di Kemensetneg," tuturnya.

Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh telah menyerahkan masing-masing 10 nama kepada Jokowi dan DPR usai melewati tes wawancara dan kesehatan.

"Rencana hari ini, masing-masing 10 (kandidat). (Kepada DPR) Ya ke periode terbaru. Kan hari ini pelantikan dpr baru," ujar Ateh.

Saat ditanya terkait fit and proper test di DPR dan nama-nama kandidat yang bakal diserahkan kepada Jokowi, Ateh tak menjawab. Menurutnya, tugas pansel telah tuntas.

"Tugas kami sudah selesai hari ini. Itu bukan bagian kami lagi," tandasnya.

 

 

 

sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: