Polisi Siapkan Pasukan Khusus untuk Amankan Debat Perdana Pilgub Jakarta 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 17:14 WIB
Pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Pihak kepolisian menyediakan pasukan khusus untuk setiap pasangan calon (paslon) saat pelaksanaan debat perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pasukan khusus ini bertugas agar tak terjadi gesekan antara pendukung paslon.

"Kami menyiapkan pasukan khusus per paslon agar tidak terjadi gesekan antar massa paslon," kata Susatyo kepada wartawan di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Susatyo mengungkapkan, tiap paslon hanya diizinkan membawa 110 pendukung. Namun, setiap acara besar tentunya pendukung yang hadir bisa melebihi dari undangan resmi yang diberikan.

"Berdasarkan pengalaman pada saat pendaftaran ataupun pengambilan nomor urut, memang setiap event tersebut selalu dihadiri oleh massa pendukung yang non-undangan karena yang undangan itu hanya sekitar 110 per massa paslon. Namun, yang datang pada saat kemarin bisa mencapai 500-600 orang," ucap Susatyo.

"Kemudian sesuai dengan ketentuan waktunya, memang sudah diatur oleh KPU agar para paslon datang tepat waktu. Setiap 15 menit sudah diatur siapa yang datang duluan dan pada pukul berapa," tambahnya.

Lebih lanjut, Susatyo berujar bahwa pihaknya mengerahkan 1.634 personel gabungan untuk melaksanakan pengamanan.

"Dari Polda Metro Jaya dan Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, kami siap melaksanakan pengamanan, baik itu pada ring 1 yang berada di dalam area debat, maupun ring 2 dan ring 3 yang berada di luar lokasi tempat debat," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: