Visi Misi Dharma-Kun: Transformasi Jakarta dengan Adab dan Keberlanjutan

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 19:52 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun. (BeritaNasional/Tangkapan layar)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun. (BeritaNasional/Tangkapan layar)

BeritaNasional.com -  Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta memaparkan visi, misi, dalam debat perdana Pilgub Jakarta 2024.

"Kami memiliki visi untuk menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan global yang aman melalui reformasi jati diri, dengan tujuan mewujudkan rakyat yang beradab, harmonis, mandiri, makmur, dan bahagia," kata Dharma, dalam debat Perdana Pilgub Jakarta 2024, di Jakarta International Expo, Minggu (6/10/2024).

Adapun misi yang dipaparkan Dharma-Kun setidaknya ada tujuh yang menjadi prioritas utama, berikut ulasannya?

1. Transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan di tingkat nasional, regional, dan global yang aman dan beradab, dengan fokus pada melindungi keselamatan jiwa masyarakat.

2. Reformasi regulasi dan tata kelola Jakarta yang berfokus pada pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui pengobatan preventif yang aman dan beradab.

3. Inovasi dalam desain tata ruang kota global untuk mengatasi masalah kemacetan melalui prioritas pada penelitian dan pengembangan.

4. Akselerasi perekonomian Jakarta sebagai simpul ekonomi nasional, regional, dan global dalam bidang pariwisata, ekonomi kreatif, dan budaya melalui penguatan UMKM serta pemberdayaan masyarakat.

5. Ketahanan dan Keberlanjutan Lingkungan Jakarta, menjadikan kota ini pusat transit regional dan global yang tangguh dalam menanggulangi banjir dengan manajemen air hujan dan sungai melalui optimalisasi waduk, kanal, pompa, serta taman dan hutan kota.

6. Penguatan konektivitas Informasi dan SDM melalui transformasi Jakarta sebagai pusat keunggulan sumber daya manusia yang fokus pada adab, kesetaraan sosial, serta pengembangan profesional yang terampil, praktis, dan kreatif.

7. Reformasi teknologi tepat guna untuk mendukung strategi samudera biru dan bio-ekonomi, menjadikan Jakarta sebagai kontributor utama perekonomian Indonesia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: