Lagi, Haedar Nashir Masuk 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia, Ini Kontribusinya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 13 Oktober 2024 | 00:01 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto/Muhammadiyah)
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto/Muhammadiyah)

BeritaNasional.com - Tokoh nasional Haedar Nashir masuk dalam jajaran 500 muslim berpengaruh dunia The World’s 500 Most Influential Muslim 2025.

Setelah mendapat predikat tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah ini Haedar menyatakan terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak di tingkat global.

"Khususnya dalam peran persaudaraan universal dan kemanusiaan yang mengedepankan kebijaksanaan, keadilan, nilai-nilai dan karakter yang mandiri dan moderat di dunia," ungkapnya yang dikutip dari Antaranews pada Sabtu (12/10/2024).

Haedar Nashir terus berkomitmen memaksimalkan peran organisasi dalam mewujudkan pelayanan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang prima, inklusif dan berkualitas sejak memimpin Muhammadiyah sebagai Ketua Umum pada 2015.

Selain itu, Haedar turut mengantarkan Muhammadiyah diakui secara global. Salah satunya, meraih penganugerahan Zayed Award 2024 pada Februari.

Haedar mengungkapkan Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam sejak lahirnya pada tahun 1912 hadir untuk persaudaraan kemanusiaan bagi seluruh umat.

Menurut dia, Muhammadiyah yang berlandaskan teologi Al-Ma'un mempunyai pengalaman sejarah yang mendalam tentang gerakan Islam moderat dalam mengedepankan cara hidup bersama dalam pola pikir terbuka, toleran, peran kemanusiaan, dan lingkungan damai meskipun ada keberagaman agama, suku, budaya dan kelompok sosial dalam masyarakat di Indonesia.

Muhammadiyah di tangan Haedar Nashir juga terus mengembangkan persaudaraan kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat melalui pembangunan lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, kepedulian sosial, pemberdayaan ekonomi, pengembangan masyarakat dan upaya lainnya.

"Gerakan ini kami namakan 'Muhammadiyah for All' Muhammadiyah untuk Semua," ujar Haedar yang juga Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu.

Dikethaui, The Muslim 500 adalah ajang penghargaan dan nominasi dua tahunan bagi tokoh muslim berpengaruh di seluruh dunia.

 Ajang ini dimulai pada 2009 oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA). 

The Muslim 500 memotret untuk beberapa peran tokoh muslim dunia di bidang akademik, bisnis, sains dan teknologi, sosial, dan bidang lainnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: