PAM Jaya Bakal Pasang Smart Meter, Bisa Baca Meteran Air Secara Real Time Tanpa Petugas ke Rumah

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 13 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Ilustrasi air PAM (Foto/Pixabay)
Ilustrasi air PAM (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Perumda Air Minum Jaya (PAM Jaya) akan memasang 49.000 smart meter di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat pada Oktober 2024 bulan ini. 

Adapun smart meter ini berupa Cybel Meter berbasis LoRaWan pada meter air pelanggan. Nantinya, smart meter dapat membaca meter air pelanggan secara nirkbel.

Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, teknologi ini memiliki berbagai manfaat berupa peningkatan akurasi dan kecepatan dalam pembacaan meter air secara real time serta menjaga privasi pelanggan karena petugas tidak lagi perlu masuk ke rumah pelanggan untuk melakukan pencatatan manual.

“Inovasi smart meter ini adalah langkah signifikan dalam upaya kami meningkatkan layanan air bersih di Jakarta," kata Arief kepada wartawan, Minggu (13/10/2024).

"Dengan teknologi ini, pelanggan akan merasakan manfaat nyata, seperti akurasi lebih tinggi dalam pencatatan penggunaan air dan kemudahan pembacaan meter secara real time tanpa harus mengganggu privasi mereka," tambah Arief.

Arief menjelaskan, teknologi ini juga dapat mendeteksi dini gangguan atau kerusakan pada meter air sehingga permasalahan dapat diatasi lebih cepat dan efisien. 

"Kami juga berharap dengan deteksi dini terhadap kerusakan atau gangguan, masalah dapat diselesaikan lebih cepat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung efisiensi operasional," ujar Arief.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: