Ridwan Kamil Bakal Dorong Warga Jakarta Jadi Entrepreneur

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 15 Oktober 2024 | 16:54 WIB
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat deklarasi kampanye damai. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat deklarasi kampanye damai. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) berjanji mendorong warga Jakarta menjadi wirausaha alias entrepreneur seusai memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

RK mengatakan dirinya sebagai gubernur juga akan mempromosikan Jakarta untuk menarik investor agar lapangan pekerjaan terbuka.

"Selain nanti gubernur mempromosikan investasi, karena ada investasi ada lapangan pekerjaan, tapi memotivasi juga mereka menjadi entrepreneur walaupun skala karyawannya hanya tiga sampai empat orang," kata RK kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

RK menuturkan warga bisa menjadi wirausaha di bidang ekonomi kreatif. Sebab, ekonomi kreatif memiliki 18 subsektor yang bisa digarap warga Jakarta.

"Kita lihat waktu krisis moneter, itu orang lari ke kuliner, tapi bukan kuliner warungan, kuliner yang punya tema-tema, punya keunikan sehingga akhirnya berkembang menjadi salah satu sektor yang survive di ekonomi begini," ujar RK.

Tak hanya itu, RK juga bakal mendorong warga menjadi content creator. Sebab, banyak peluang mendapatkan penghasilan dari bidang tersebut.

"Yang namanya konten kreator itu masih luas, lapangan pekerjaan itu masih luas. Cuman banyak yang gak ngerti mau bikin konten tentang apa, yang cuan kira-kira gitu ya. Nah di sinilah nanti yang berpengalaman bisa melatih," ucap RK.

"Dan tidak hanya Gen-Z saja. Banyak konten-konten oleh emak-emak gitu ya. Akhirnya dengan monetisasi digital, dia bisa dapatkan penghasilan juga," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: