KPU Pastikan Setiap TPS Miliki Template Braille untuk Tunanetra

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:30 WIB
Ilutrasi Pilkada serentak (SinPo.id/ RRI)
Ilutrasi Pilkada serentak (SinPo.id/ RRI)

BeritaNasional.com -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin memastikan KPU seluruh provinsi dan kabupaten/kota akan menyiapkan alat bantu template dengan huruf braille. Alat bantu ini diperuntukan bagi pemilih tunanetra di setiap tempat pemungutan suara pada Pilkada 2024.

Dikutip dari Antara, template itu akan berbentuk semacam amplop yang bisa memuat surat suara sehingga memudahkan penyandang disabilitas untuk mencoblos.

"Kami memastikan semua TPS dalam Pilkada 2024 akan ada alat bantu itu," kata Afifuddin, Kamis (17/10/2024).

Afifuddin yang ditemui seusai mengunjungi pabrik percetakan milik PT Inpera Pratama Indonesia yang memproduksi surat suara dan template braille di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ini menerangkan, alat bantu itu akan memudahkan penyandang tunanetra untuk mencoblos dan merupakan bagian dari upaya KPU membuat nyaman para pemilih pilkada.

"Jadi, jangan salah, surat suaranya sama semua, cuma nanti akan ada template untuk memudahkan saat dibaca karena menggunakan huruf braille dari alat bantu itu," ujarnya.

Afif mengapresiasi perusahaan percetakan karena bisa memproduksi alat bantu tersebut mengingat tidak semua percetakan yang menjadi mitra KPU bisa membuat template untuk tunanetra itu.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: