Catat! Ada Rekayasa Lalu Lintas Sepanjang Senayan-Harmoni saat Pelantikan Presiden

Oleh: Bachtiarudin Alam
Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:45 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. (Foto/istimewa).
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman. (Foto/istimewa).

BeritaNasional.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sepanjang jalan Harmoni hingga kawasan Bundaran Senayan. Penerapan ini digelar selama Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Minggu (20/10/2024).

Diketahui nanti Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka akan dilantik dalam sidang paripurna MPR di Gedung MPR/DPR, Senayan Jakarta.

"Tentunya nantinya akan ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis (17/10/2024). 

Nantinya, Latif mengatakan akan ada pengalihan arus seperti dari Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, termasuk di Bundaran Senayan. 

“Inilah yang akan tentunya kita akan melihat betul jalur Sudirman-Thamrin," kata Latif.

Pengamanan arus ini guna memastikan kelancaran jalur mulai dari Presiden terpilih Prabowo Subianto maupun Joko Widodo (Jokowi). Termasuk perjalanan tamu negara dan tamu VVIP yang hadir dalam acara pelantikan.

"Alur perjalanan tamu negara, dan beberapa venue itu ada di sektor HI, Sektor Kuningan dan Sekor Senayan. Begitu juga nanti akan amankan jalur pejalan yang akan nanti para anggota DPR yang akan menuju ke DPR,” kata dia.

“Begitu juga perjalanan bapak Presiden Jokowi menuju DPR, maupun nanti yang kita amankan perjalanan bapak presiden terpilih Pak Prabowo ke DPR, kita siapkan karena pasti akan menggunakan jalur Sudirman-Thamrin," tambah Latif. 

Lebih lanjut, Latif mengimbau agar masyarakat yang hendak melintas di jalan-jalan tersebut untuk mencari rute alternatif, agar mencegah terjadinya kemacetan. 

"Kalau nanti ada yang sedikit terganggu kami memprioritaskan tamu negara dan VVIP ini yang akan beraktivitas kegiatan pelantikan presiden, sekali lagi kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat sekalian," imbaunya. 

Perlu diketahui, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024) mendatang.

Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: