Dishub DKI Siapkan 1.000 Petugas Atur Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 00:02 WIB
Kadishub DKI Syafrin Liputo saat diwawancarai. (BeritaNasional/Lydia)
Kadishub DKI Syafrin Liputo saat diwawancarai. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta siap menerjunkan sekitar 1.000 personel saat acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan para petugas disebar di berbagai titik strategis di sepanjang jalur perayaan. 

Pihaknya juga mengatur manajemen lalu lintas (lalin) dan memastikan jalur selama pesta rakyat berlangsung aman.

“Untuk dukungan terhadap pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dan pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Monas, total 1.000 petugas dishub akan dikerahkan,” ujarnya yang dikutip dari Berita Jakarta.

Syafrin menjelaskan petugas dishub bertugas melakukan rekayasa lalu lintas dan mengawasi kendaraan yang melanggar atau parkir sembarangan sehingga mengganggu berlangsungnya acara.

“Sebanyak 1.000 petugas disiagakan di jalur-jalur lintasan yang telah ditentukan seperti di Jalan Majapahit, Jalan Abdul Muis, Tugu Tani, Jalan Kebon Sirih, serta jalan-jalan di sekitar Sudirman dan Thamrin, yang harus steril dari kendaraan,” katanya.

Syafrin menegaskan pengaturan rekayasa lalin dimulai pada pukul 08.00 WIB. Dia menekankan kendaraan pribadi dilarang melintas di area yang sudah ditentukan, kecuali kendaraan VVIP, seperti rangkaian presiden dan tamu negara. 

Terdapat 13 panggung hiburan di sepanjang Sudirman hingga Monas untuk memeriahkan acara pelantikan ini.

“Kendaraan masih diizinkan melintas sebelum pukul 08.00. Namun, setelah itu, jalur akan dialihkan. Transjakarta juga akan tetap beroperasi hingga pukul 10.00 WIB, tetapi akan dialihkan secara situasional apabila area mulai padat dengan kegiatan perayaan,” ucapnya.

Syafin juga mengatakan pihaknya menyiagakan 20 mobil derek di beberapa titik yang dinilai krusial dan harus steril dari kendaraan.

Contohnya, kawasan Jalan Imam Bonjol yang mengarah ke Rumah Sakit MMC, begitu juga kawasan-kawasan lain yang bersifat vital.

Petugas dishub juga menyiapkan tiga unit Variable Mobile Sign (VMS) yang akan ditempatkan di beberapa lokasi strategis, yakni di kawasan Hayam Wuruk, Panglima Polim, dan Gatot Subroto. Tujuannya, untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan mengenai adanya pengaturan lalu lintas.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menyediakan 26 kantong parkir yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan. 

Meski demikian, ia tetap mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum demi kelancaran dan kenyamanan bersama.

“Kami siapkan 26 kantong parkir yang terdiri dari 21 titik parkir off street dan lima lokasi parkir on street, dengan kapasitas menampung 17.500 motor, 21.300 mobil, dan 182 bus,” tandas Syafrin.

Sebagaimana diketahui, setelah dilantik, Presiden dan Wakil Presiden terpilih disambut dengan acara kemeriahan pesta rakyat yang berpusat di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, hingga kawasan Monas.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: