Polisi Minta Warga Tak Parkir Sembarangan saat Hadir ke Pesta Rakyat

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 09:41 WIB
Sejumlah kendaraan parkir sembarangan di ruas jalan Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Sejumlah kendaraan parkir sembarangan di ruas jalan Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol M Latif Usman mengingatkan agar masyarakat yang bakal menghadiri ‘Panggung Pesta Rakyat’ agar tidak parkir sembarangan.

Peringatan ini guna mencegah terjadinya kemacetan, selama rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024) besok. 

"Kalau kita bersikeras diri ya ada akan tindakan tertib parkir sembarangan,” kata Latif kepada wartawan, Sabtu (19/10/2024).

Maka dari itu, Latif mengimbau agar meminimalisir terjadinya parkir liar. Diharapkan warga yang datang ke Panggung Pesta Rakyat bisa memanfaatkan fasilitas transportasi umum.

“Prioritasnya adalah silahkan datang ke sudirman-thamrin untuk menyaksikan panggung hiburan menggunakan angkutan umum. Ada LRT, MRT, Transjakarta, masih beroperasional," ujarnya.

Walaupun demikian, Latif menyebut untuk lokasi parkir telah disiapkan dimulai dari Area Senayan sampai IRTI Monas. Nantinya warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, apabila tetap membawa kendaraan pribadi.

"Tentunya parkir kan sudah kita tentukan di Senayan, di IRTI, di beberapa gedung yang ada di sekitar Sudirman Thamrin bisa digunakan untuk parkir gitu," ucap dia.

Sekedar informasi nantinya sepanjang jalan Sudirman-Thamrin akan ada beberapa titik panggung yang menyajikan hiburan. Diantaranya, di depan Gedung BRI Tower Jalan Sudirman, dimeriahkan Band Kotak dan Melody Band.

Panggung di pertigaan Jalan Karet Pasar Baru Timur. Dimeriahkan oleh David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia. Lalu, ketiga di Dukuh Atas depan Gedung BNI Tower yang dipandu Ayu Dewi dan dimeriahkan Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke feat Bisma Kharisma.

Panggung keempat terletak di Bundaran Hotel Indonesia yang akan dimeriahkan oleh Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band. Kemudian kelima di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya akan diramaikan oleh pedangdut Via Vallen.

Lalu, panggung keenam di Bundaran Patung Kuda akan diisi oleh RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers. Terakhir, panggung tujuh di Taman Pandang Istana (pintu masuk Monas) akan dimeriahkan Dewa 19.

Bahkan, setelah dilantik Prabowo-Gibran dijadwalkan akan menghampiri satu per satu panggung 'Pesta Rakyat' di sepanjang Jalan Sudirman hingga Istana Merdeka untuk menyapa masyarakat.

"Mas Gibran dan Pak Prabowo nanti diagendakan pulang dari DPR akan menyambangi panggung satu per satu, menyapa satu per satu," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: