Prabowo Beri Apresiasi Pendiri Bangsa dan Seluruh Presiden Pendahulu, Termasuk Jokowi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 12:09 WIB
Prabowo beri apresiasi presiden pendahulu (Foto/Youtube Sekretariat Presiden)
Prabowo beri apresiasi presiden pendahulu (Foto/Youtube Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com - Presiden kedelapan RI Prabowo Subianto menyampaikan apresiasi kepada pendiri bangsa dan seluruh presiden pendahulu. Prabowo tidak lupa mengenang jasa para pendiri bangsa dari Proklamator Soekarno, Hatta, hingga Syahrir.

"Kita bersyukur pada proklamator pertama Bung Karno yang telah memberi kepada kita ideologi negara Pancasila, yang keluar masuk penjara dibuang di mana-mana karena sejak memperjuangkan Indonesia merdeka, Indonesia tidak mau menjadi darah bangsa lain, Soekarno Hatta dan Syahrir semua pendiri bangsa ini berkorban dan memimpin kita dengan baik," kata Prabowo dalam pidato perdana sebagai presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Prabowo bersyukur atas jasa Presiden Soeharto yang meletakkan dasar Indonesia modern.

"Kita juga bersyukur terhadap Presiden Soeharto yang banyak jasanya menyelamatkan mengamankan ideologi Pancasila itu sendiri. Yang telah meletakkan dasar bagi Indonesia yang modern," ujarnya.

Kemudian, kepada Presiden BJ Habibie yang membuat dasar peletakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang memberikan contoh atas toleransi yang tinggi.

"Kita berterima kasih kepada Presiden Habibi yang telah membuat dasar meraih dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita berterima kasih kepada Abdurahman Wahid yang telah memberikan contoh toleransi antar agama antar suku yang menjunjung tinggi inklusif Indonesia yang toleran," kata Prabowo.

Ketua Umum Gerindra ini berterima kasih kepada Presiden Megawati Soekarnoputri yang menyelesaikan masalah ekonomi Indonesia pasca-reformasi.

"Kita berterima kasih kepada presiden Megawati yang menyelesaikan masalah ekonomi akibat crash tahun 98 harus di akui di bawah pemerintah Megawati masalah perusahaan yang banyak hancur dapat diperbaiki dan diselamatkan," ujar Prabowo.

Kemudian, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memimpin Indonesia saat krisis menghadapi bencana alam tsunami dan konflik Aceh.

"Kita harus berterima kepada SBY, yang memimpin Indonesia di saat krisis yang sangat berat menghadapi tsunami menyelesaikan bersama wakil presiden Jusuf Kalla. Menyelesaikan pertikaian di aceh yang sudah berjalan begitu lama ini prestasi yang harus kita akui," kata Prabowo.

"Mereka semua dengan cara masing-masing memiliki sumbangsih terhadap apa yang kita nikmati. Negara kesatuan yang utuh, berdaulat, merdeka, dan terus menjaga kemerdekaan dan keadilan," tegasnya.

Terakhir, Prabowo berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang menahkodai Indonesia menghadapi krisis yang berat, terutama pandemi Covid-19.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Presiden ke-7 Jokowi dan Prof Ma'ruf, terimakasih atas kepemimpinan bapak, terima kasih atas kenegarawanan bapak, bapak telah menahkodai bangsa ini melalui krisis sungguh sangat berat jangan kita merasakan hari ini. Ingat waktu Covid, bahkan keluar rumah saja takut," kata Prabowo.

"Saya saksi, saya menterinya beliau, semua pihak dalam dan luar negeri minta lock down, lock down, lock down. Beliau menolak, beliau berpikir kalau kita lock down bagaimana wong cilik, warteg, ojol, bagaimana rakyat yang makannya dari upah harian. Jangan kita lupa prestasi pemimpin kita, terima kasih Jokowi terima kasih prof Ma'ruf anda akan dikenang sebagai putra Indonesia termasuk terbaik," pungkasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: