Lihat Aksi Pesawat Tempur TNI AU Antar Jokowi Pulang ke Solo setelah Purnatugas

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 21 Oktober 2024 | 18:30 WIB
Pesawat tempur TNI AU mengantar kepulangan Jokowi ke Solo. (Foto/Dispenau TNI AU)
Pesawat tempur TNI AU mengantar kepulangan Jokowi ke Solo. (Foto/Dispenau TNI AU)

BeritaNasional.com - TNI Angkatan Udara (AU) turut mengawal sekaligus mengantarkan kepulangan Presiden Ke-7 Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (20/10/2024).

Ada delapan pesawat tempur TNI AU yang mengawal pesawat Boeing 737 dengan nomor registrasi A-7309 Skadron Udara 17 yang membawa Jokowi.

Pesawat tersebut lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Bandara Adi Soemarmo dengan dikawal pesawat tempur TNI AU sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden ke-7 RI yang telah mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala negara.

TNI AU turut mengerahkan empat pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, tiga pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, serta satu pesawat Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11.

Dalam penerbangan ini, Flight Leader pesawat tempur TNI AU, Letkol Pnb Bambang Aulia “Sphinx” Yudhistira memberikan penghormatan khusus dari kokpit dengan menyampaikan ungkapan terima kasih atas dedikasi memajukan bangsa Indonesia sekaligus memperkuat TNI AU.

“Izinkan kami mengucapkan selamat atas purna tugas Bapak sebagai Presiden Republik Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas segala karya Bapak dan Ibu dalam memajukan Bangsa Indonesia, terutama dalam memperkuat kemampuan TNI Angkatan Udara. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk mengawal Bapak dan Ibu dalam penerbangan bersejarah ini,’’ katanya dalam rilis TNI AU pada Senin (21/10/2024).

Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, membalas penghormatan tersebut dengan mengatakan terima kasih atas dukungan dan pengabdian TNI AU untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia.

“Saya Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya. Saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan saudara-saudara. Sekali lagi terima kasih,” tandas Jokowi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: