Profil Khofifah Indar Parawansa, Calon Gubernur Petahana Jawa Timur

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 25 Oktober 2024 | 15:54 WIB
Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Khofifah Indar Parawansa adalah seorang Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim)pada Pilgub Jatim 2024. Ia maju kembali bersama pasangan calon wakil gubernur Emil Dardak.

Khofifah telah mendapat rekomendasi dari sejumlah partai politik untuk maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2024, antara lain dari Partai PAN, Gerindra, Demokrat, Golkar, NasDem, Perindo, PKS, PPP, PSI, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Garuda dan Partai Prima.

Khofifah dikenal sebagai sosok perempuan inspiratif dengan kontribusi di berbagai bidang, termasuk politik, dan sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur untuk periode 2019-2024.

Profil Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa adalah seorang politisi Indonesia yang lahir pada 19 Mei 1965 di Surabaya, Jawa Timur. Khofifah menikah dengan Ir. H. Indar Parawansa (alm) dan memiliki empat anak: Fatimah, Jalaluddin, Yusuf, dan Ali Mannagalli Parawansa. 

Ia merupakan Gubernur Jawa Timur ke-14, menjabat sejak 13 Februari 2019 hingga 13 Februari 2024. Khofifah juga pernah menjabat sebagai Menteri Sosial Indonesia ke-28 dari 27 Oktober 2014 hingga 17 Januari 2018.

Khofifah menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 1990. Ia kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Indonesia di bidang yang sama dari tahun 1993 hingga 1997. Selain itu, ia juga belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah di Surabaya.

Karier politik Khofifah dimulai saat ia terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada tahun 1992. Ia kemudian berpindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjabat dalam berbagai posisi, termasuk:

-Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (1999-2001) di bawah Presiden Abdurrahman Wahid.

-Wakil Ketua DPR RI (1999).

-Ketua Komisi VII DPR RI (2004-2006).

-Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja Joko Widodo (2014-2018).

Khofifah juga aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU), menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU selama empat periode.

Sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah mengimplementasikan program Nawa Bhakti Satya, yang berfokus pada sembilan program kerja untuk meningkatkan pelayanan publik. 

Di bawah kepemimpinannya, Jawa Timur menerima berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Kedua dari Kementerian PPN/Bappenas dan Provinsi Terinovatif dalam Innovative Government Award.

Di antara penghargaan yang diterima Khofifah adalah Bintang Mahaputera Utama pada tahun 2020, yang mencerminkan kontribusinya dalam pelayanan publik dan pemberdayaan perempuan. Khofifah Indar Parawansa dikenal sebagai sosok inspiratif dan telah berperan penting dalam politik serta pemberdayaan perempuan di Indonesia.

(Helvi Handayani/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: