Kenali Tanda Serangan Rayap. Ini Cara Menangkalnya

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi Rayap (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Rayap (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Pernah bermasalah dengan rayap? Atau jangan-jangan pernah bermimpi rumah mendadak hilang karena dimakan rayap? Rayap bisa menjadi musuh utama jika kita tidak mengenali cara mencegahnya.

Rayap adalah serangga sosial pemakan selulosa. Serangga ini diperkirakan telah menghuni bumi sekitar 220 juta tahun yang lalu atau 100 juta tahun sebelum serangga sosial lainnya menghuni bumi. Rayap memiliki keragaman spesies yang cukup tinggi, tercatat 2500 spesies telah berhasil diidentifikasi.

Bagaimana rayap bisa datang ke rumahmu?

Umumnya rayap memiliki kebutuhan dasar makanan, kehangatan, dan kelembapan. Mereka mencari ketiganya di rumah

Berbicara soal makanan rayap tidak hanya pada kayu, melainkan juga hal-hal lain yang mengandung selulosa, seperti kertas dan karton


Rayap menyukai kayu karena merupakan sumber makanan sekaligus tempat berteduh untuk mencari kehangatan. Rumah berbahan kayu memang rentan terserang, namun hal serupa juga memungkinkan terjadi pada rumah yang menggunakan material lainya.

Seperti, rumah bata, batu, dan plesteran tidak kebal. Prinsipnya, setiap rumah yang memiliki lantai dan dinding kayu rentan terhadap kerusakan rayap. Rayap dapat masuk ke rumah kamu melalui kayu yang bersentuhan dengan rumah, seperti dek, pintu, tumpukan kayu bakar, dan bahkan dahan pohon. 

Kondisi Rumah Lembap

Jenis rayap bawah tanah tertarik pada kelembaban. Genangan air di sekitar pondasi rumah memungkinkan menarik perhatian rayap. Kelembaban berlebih dapat disebabkan oleh pipa bocor dan drainase selokan yang buruk. Setelah rayap bersarang lingkungan rumah yang lembap, tentu kemudian akan mencari makanan. Material bangunan rumahmu pun menjadi sasarannya.

 Ada Bukaan Pada Eksterior 

Rumah Rayap berukuran kecil dan dapat masuk ke rumah dari tanah melalui hampir semua lubang. Meskipun tidak dapat menembus beton padat, mereka dapat menembus celah beton yang lebarnya hanya 1/32 inci. Tentunya setelah berhasil bermanuver ke dalam rumah, rayap akan menjadikannya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhannya.

Ketika berhadapan dengan rayap, pencegahan adalah kuncinya. Cara terbaik untuk menghindari serangan rayap adalah dengan membuat rumah kurang menarik bagi rayap. Contohnya sebagai berikut: 

Singkirkan kayu yang menyentuh pondasi rumah.

 Menyingkirkan sumber makanan rayap, seperti pohon mati dan kayu bakar. 

Memeriksa semua kayu sebelum menggunakannya pada proyek DIY di rumah. 

Memperbaiki masalah saluran air dan drainase air yang menyebabkan kelembapan. 

Menutup segala lubang di eksterior rumah Anda agar tidak menjadi pintu masuk bagi koloni rayapsinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: