Peluang Menang Satu Putaran, Rido Fokus Sampaikan Visi-Misi

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 18:31 WIB
Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur Suswono. (BeritaNasional/Ahda).
Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur Suswono. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com -  Peluang menang satu putaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) semakin besar. Hal itu berdasarkan hasil elektabilitas terbaru dari beberapa lembaga survei.

Tercatat dari lembaga survei, seperti Instrat, Lembaga Survei Indonesia (LSI), Charta Politika, Poltracking, dan Katadata turut menempatkan elektabilitas pasangan RIDO pada urutan pertama.

“Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa pasangan Ridwan Kamil-Suswono terus menunjukkan performa mengesankan di berbagai survei,” kata Juru Bicara pasangan Ridwan Kamil-Suswono, Muhammad Kholid dalam keteranganya, Sabtu (26/10/2024).

Kholid menilai presentase elektabilitas yang unggul dari pasangan RIDO menunjukan kesolidan dari pendukung. Di tengah kompleksitas dalam pemilihan umum di Jakarta.

“Dengan persentase elektabilitas yang solid dan positif,” ujar Kholid.

Meski begitu pasangan RIDO tetap memerhatikan persentase masyarakat yang belum menentukan pilihan. Jumlah ini dinilai masih cukup besar termasuk swing voters karena masih dinamisnya situasi politik. 

“Oleh karena itu, fokus kami tetap pada penyampaian visi dan misi yang jelas, serta program-program konkret yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” ungkapnya. 

Di sisi lain, pasangan Ridwan Kamil-Suswono sangat mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan dan berkomitmen untuk terus bekerja keras di lapangan. 

Kubu paslon 01 akan memaksimalkan kepercayaan tersebut dalam setiap kesempatan, untuk menjangkau pemilih lebih luas dan membuktikan keduanya merupakan pilihan terbaik sebagai pemimpin Jakarta ke depan. 

“Dan kami semakin yakin untuk menang satu putaran di Pilkada Jakarta terbuka lebar,” katanya.

Sebelumnya hasil survei Lembaga Poltracking Indonesia pada 10-16 Oktober 2024 menunjukkan elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mencapai 51,6%. 

Sementara elektabilitas pasangan calon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana mencapai 3,9 persen dan pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno elektabilitasnya 36,4%

Kemudian untuk Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam rentang waktu 10-17 Oktober 2024, menempatkan elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono saat ini sudah dilewati oleh pasangan Pramono Anung-Rano Karno. 

Dengan hasil pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendapatkan elektabilitas hingga 41,6% sementara Ridwan Kamil-Suswono hanya mendapat 37,4%.

Namun, jika Ridwan Kamil – Suswono mampu mengembalikan elektabilitas seperti di awal September, sebesar 51,8%, maka kemungkinan pilkada satu putaran tetap terbuka.

Survei Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan pada 4-9 September 2024. Hasilnya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono memimpin dengan elektabilitas tertinggi yaitu 48,4%. Di posisi kedua, pasangan Pramono-Rano memperoleh 22,1%, lalu, pasangan independen Dharma-Kun hanya meraih 2,1% suara. 

Selanjutnya, survei Charta Politika yang digelar pada 19-24 September 2024 menempatkan pasangan RIDO kembali memimpin dengan elektabilitas sebesar 48,3% Pasangan Pram-Doel memperoleh 36,5%, sementara Dharma-Kun memperoleh 5,6%. Hanya 9,6% responden yang belum menentukan pilihan.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: