Israel Akan Larang Operasi UNRWA di Palestina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 28 Oktober 2024 | 23:30 WIB
Israel siap  larang pperasi UNRWA di Palestina (Foto/UNRWA)
Israel siap larang pperasi UNRWA di Palestina (Foto/UNRWA)

BeritaNasional.com - Tujuh negara besar memperingatkan Israel tentang rencananya melarang kegiatan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) lewat rancangan undang-undang (RUU).

Dalam pernyataan bersama, para menteri luar negeri (menlu) dari tujuh negara yakni Kanada, Australia, Prancis, Jerman, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris menyatakan, larangan itu berpotensi menghancurkan bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Mereka mengaku khawatir terhadap pertimbangan parlemen Israel (Knesset) atas RUU yang akan mencabut hak istimewa dan kekebalan UNRWA serta melarang kehadiran badan PBB tersebut di Israel.

Para menlu menekankan peran krusial UNRWA dalam menyediakan layanan penting, termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan distribusi bahan bakar, bagi pengungsi Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

"Kami mendesak pemerintah Israel mematuhi kewajiban internasional, menjaga hak istimewa dan kekebalan UNRWA. Kami minta Israel memenuhi tanggung jawabnya untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan secara penuh, cepat, aman, dan tanpa hambatan dalam segala bentuk, serta menyediakan layanan dasar yang sangat dibutuhkan warga sipil," tulis pernyataan itu dikutip dari Antara.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: